Medan (ANTARA) - Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Edy Ikhsan menyebutkan Career Expo dan Car Boot Sale yang digelar setiap tahun oleh perguruan tinggi itu merupakan salah satu upaya meningkatkan kesempatan kerja bagi alumni dan menumbuhkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

"Tentunya tujuan utamanya adalah demi meningkatkan jumlah lulusan USU yang bekerja dan membina wirausaha masa depan," katanya di Medan, Sabtu.

Baca juga: Rektor USU: Mahasiswa tidak boleh gagal kuliah karena UKT

Ia menyebutkan Career Expo menjadi salah satu indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dalam upaya membantu para alumni untuk cepat mendapatkan pekerjaan.

"Kami menginformasikan, urusan cepat dapat kerja ini menjadi salah satu indikator, menjadi kontrak kinerjanya Rektor USU," katanya.

Stigma yang menyebutkan bahwa universitas menjadi salah satu lembaga yang hanya menambah angka pengangguran di Indonesia, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi.

Untuk itu, ia berharap melalui Career Expo 2024 dengan jumlah perusahaan sebanyak 27 dapat menjadi jembatan bagi para alumni untuk menjemput rezekinya.

"Ini menjadi sesuatu yang membimbing dan membuat kami jauh lebih semangat untuk bisa mendorong anak-anak kami ini bisa mendapatkan kerjaan lebih cepat," katanya.

Kepala Badan Pengembangan Riset Inovasi (BPRI) USU, Buchari menyebutkan Career Expo dan Car Boot Sale pada tahun ini diselenggarakan secara bersamaan agar kegiatan tersebut terintegrasi.

Terdapat 40 mobil pada Car Boot Sale tahun ini dengan rata-rata tiga usaha dalam 1 mobil, dengan total sekitar 120 usaha. Perkiraan keterlibatan peserta sebanyak 300-500 mahasiswa.

Baca juga: USU targetkan masuk peringkat 500 universitas berkelas dunia

Baca juga: Rektor: USU menuju universitas kelas dunia demi standar internasional


Buchari mengatakan kegiatan ini berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya startup masa depan, memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam program kewirausahaan seperti PKMKC dan P2MW.

"Kebetulan hari ini kita gabungkan supaya terintegrasi kegiatan ini, dimana program ini, USU Career Expo dan Car Boot Sale ini ada untuk pencapaian IKU 1. Dengan banyaknya perusahaan yang hadir pada Career Expo 2024, banyak serapan alumni kita untuk dipekerjakan di berbagai macam perusahaan yang ikut," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024