Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan memberangkatkan 450 calon haji (calhaj) asal Sulawesi Tenggara ke Arab Saudi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji  Kemenag Sulsel Ikbal Ismail di Makassar, Sabtu, mengatakan, 450 calon haji itu diterbangkan ke Jeddah sesuai menjalani proses karantina di asrama haji.

"Berangkat semua calon hajinya. Ada 450 yang masuk pemondokan sebelumnya dan setelah diproses semuanya dan laik terbang, akhirnya diberangkatkan setelah proses karantina selama sehari," ujarnya.

Ikbal Ismail mengatakan 450 calon haji asal Sulawesi Tenggara itu terdiri atas ketua kloter sebanyak 1 orang, pembimbing ibadah 1 orang, tenaga kesehatan haji (TKH) 1 orang, perawat 2 orang, petugas haji daerah (PHD) 3 orang dan calon haji reguler 442 orang.

Untuk calon haji yang diberangkatkan itu terdiri dari 155 orang calhaj laki-laki dan sisanya 287 adalah calon haji perempuan.

Baca juga: Kemenag pastikan calon haji lansia dapat makanan yang sesuai

Ikbal menerangkan jamaah yang akan berangkat ke Jeddah secara administratif dan persiapan fisik dan mental lainnya sudah siap.

Terkait hal itu, dia berpesan kepada jamaah calon haji (JCH) untuk memanfaatkan kesempatan haji sebaik-baiknya.

"Semoga semua berhasil menunaikan ibadah haji dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Parigi pesan JCH jaga kekompakan selama menjalankan ibadah haji
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024