Jakarta (ANTARA) - Organisasi Pembangunan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO) memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia untuk mengadakan pelatihan kebijakan industri digital guna implementasi Peta Jalan Membuat Indonesia 4.0.

Perwakilan UNIDO untuk Indonesia dan Timor Leste Marco Kamiya dalam keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan pihaknya memberikan masukan dalam pengembangan kebijakan industri untuk digitalisasi, sesuai dengan praktik terbaik internasional.

Sebagai bagian dari kerja sama berkelanjutan ini, yang didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA), 16 perwakilan dari berbagai institusi pemerintah menerima pelatihan tentang perkembangan terbaru dalam transformasi digital manufaktur, seperti sistem pemantauan daring, dan tren teknologi – semikonduktor, baterai electronic vehicle (EV), dan kecerdasan buatan (AI).

"Transformasi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan industri. Lokakarya ini adalah langkah untuk melengkapi pembuat kebijakan Indonesia dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk menavigasi dan memanfaatkan manfaat digitalisasi secara efektif," kata Kamiya.

Lokakarya tersebut menampilkan pembicara para ahli internasional dan staf senior UNIDO, dilengkapi dengan sesi interaktif di mana peserta menerapkan materi tersebut kepada konstituen masing-masing.

Fokus khusus diberikan pada pengalaman Korea, dengan pembicara dari Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea; Institut Ekonomi Industri Korea & Perdagangan; Institut Pembangunan Korea; dan Institut Kemajuan Teknologi Korea.

Para pembicara dalam lokakarya tersebut menyebut transformasi digital menawarkan potensi untuk peningkatan efisiensi dan produksi serta produk yang lebih berkelanjutan. Namun, ini juga menyajikan tantangan bagi jalur pembangunan saat ini, seperti yang dipelajari oleh para peserta.

Jika tidak dimanfaatkan dengan baik, teknologi yang mendorong transformasi digital, khususnya kecerdasan buatan (AI), dapat menambah bias dan ketidaksetaraan yang ada.

Empat elemen pemberdayaan digital yang diperlukan adalah infrastruktur digital, tata kelola digital, keterampilan digital, dan kerjasama digital.

Pembagian digital di Indonesia melintasi batas geografis dan generasi serta mencakup disparitas gender yang signifikan, menurut para pembicara di acara tersebut.

Meskipun 56 persen lulusan di negara ini adalah perempuan, hanya sepertiga yang memiliki gelar di bidang teknologi, dan hanya seperlima yang bekerja di sektor terkait teknologi.

Kamiya mengatakan meningkatkan jumlah perempuan yang mengejar karir di bidang teknologi dan IT, sangat penting untuk meningkatkan kesetaraan gender dan memajukan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), yang bergantung pada fondasi yang kuat dalam sains, teknologi, dan inovasi.

Upaya literasi digital harus menekankan keterampilan dasar bersama dengan kemampuan teknis dan praktis, terutama untuk generasi muda.

“UNIDO berkomitmen untuk mempromosikan strategi dan tindakan yang mendukung transformasi digital industri sambil mengatasi faktor pembatas seperti kesenjangan digital dan kesenjangan gender digital,” ujar Kamiya.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Tim Peningkatan Pemanfaatan Kawasan Perdagangan Bebas dan Kerja Sama Teknis, Kementerian Perindustrian Laode Ikrar Hastomi mengatakan sesuai dengan kebijakan industri di Indonesia, Kementerian Perindustrian RI mendirikan Pusat Industri Digital (PIDI) 4.0, lembaga pemerintah di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Industri.

PIDI 4.0 adalah bagian dari salah satu program prioritas nasional, Membuat Indonesia 4.0, yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 2018, di gedung pusat yang terletak di Permata Hijau, Jakarta Selatan.

"Konsep gedung pintar ini memungkinkan PIDI 4.0 untuk mengelola gedung secara lebih efisien dan terkontrol, khususnya dalam hal keamanan, penggunaan energi, dan pemanfaatan fasilitas,” kata Laode.

Baca juga: Kemenperin-UNIDO lanjutkan kerja sama wujudkan "eco industrial park"
Baca juga: KKP-UNIDO kerja sama meningkatkan daya saing produk perikanan
Baca juga: Kemenperin-UNIDO siap fokus hadapi empat tantangan industri

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024