Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) siap perluas kerja sama dengan tiga universitas di Korea Selatan, yakni Korea Nazarene University, Baek Seok University, dan Kyung-In Women's University.

Jalinan kerja sama ini dibahas dalam kunjungan delegasi UI yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum., ke tiga universitas yang berlokasi di Cheonan City dan Incheon tersebut.

"Kerja sama antara UI dan ketiga universitas tersebut akan berfokus pada penyediaan pendidikan berkualitas," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia, Sabtu.

Dengan Nazarene University, delegasi UI mengusulkan kerja sama pengembangan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat di FIB UI, mengingat universitas tersebut memiliki kekhasan pada pendidikan difabel.

"Kolaborasi keduanya dapat membuka peluang pertukaran pelajar bagi mahasiswa tuli, baik secara daring maupun luring," katanya.

Baca juga: Bakul Budaya FIB UI gelar sedekah hutan ajak lestarikan lingkungan

UI juga membuka peluang pertukaran mahasiswa dan dosen dengan Baek Seok University karena universitas ini merupakan salah satu universitas swasta terbesar di Korea Selatan yang bekerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di dunia.

Sementara itu, dengan Kyung-In Women’s University, delegasi UI menawarkan penerimaan mahasiswa dari universitas tersebut, khususnya melalui program pertukaran dan perolehan kredit (credit earning).

Selain menjajaki kerja sama, dalam kunjungannya, delegasi UI mendatangi Smart Farm yang ada di Korea Nazarene University, yang mengembangkan beberapa jenis buah, seperti timun, melon, dan stroberi, dengan basis data artificial intelligence (AI).

Delegasi UI juga berkesempatan menghadiri pembukaan Cheonan K-Culture Expo 2024 yang merupakan ajang ekspose secara besar-besaran kebudayaan kontemporer Korea yang mendunia, seperti K-pop, K-drama, K-film, dan K-kuliner.

Dekan FIB UI Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum. mengatakan kami sangat berterima kasih kepada VOGO Group Korea yang menjembatani hubungan yang lebih luas, khususnya antara UI dan berbagai institusi di Korea Selatan.

Kehadiran UI ini memberikan penguatan pentingnya memperluas kerja sama tidak hanya antara universitas dan universitas, tetapi juga antara universitas dan industri di Korea Selatan.

Baca juga: UI beri edukasi literasi keuangan bagi Generasi Z
Baca juga: Dokter UI: Vape tidak boleh dianggap aman dari rokok konvensional

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024