Jakarta (ANTARA) - PP Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) merancang program keberlanjutan yang bertujuan untuk mengembangkan bola basket Indonesia dalam jangka panjang, meskipun kepengurusan silih berganti.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam pra-Musyawarah Nasional PP Perbasi menyebut organisasi basket di Indonesia itu harus membuat program berkesinambungan dengan rencana jangka panjang yang bisa mengantarkan misi dan membuat prestasi bola basket Indonesia lebih baik.

“Melalui PraMunas ini kita mengajak berdiskusi dengan para anggota sekaligus memberikan pandangan terkait masa depan bola basket Indonesia yang harus memiliki program berkelanjutan,” kata Nirmala dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Nirmala menilai program pengembangan bola basket Indonesia yang telah dibuat oleh pengurus sebelumnya harus dilanjutkan oleh kepengurusan selanjutnya agar berjalan sampai tuntas.

“Rancangan program delapan tahun Perbasi ini bagian dari usulan kami demi keberlanjutan dari apa yang telah dilakukan oleh kepengurusan saat ini. Rencana ini muncul karena pembangunan bola basket Indonesia sebaiknya dilakukan berkelanjutan ketika terjadi pergantian ketua umum, bukan kembali berjalan dengan program awal,” kata dia.

Selama kepengurusan PP Perbasi 2019-2024, telah terukir berbagai prestasi yang membanggakan Indonesia. Mulai dari perolehan medali perak untuk basket 3X3 Putra pada SEA Games 2019 Manila.

Kemudian dalam ajang pesta olahraga antarnegara ASEAN selanjutnya, basket Indonesia mencuri perhatian publik Asia tenggara setelah sukses mengoleksi medali emas pada SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi Vietnam pada 2022. Medali emas itu dipersembahkan untuk kali pertama oleh Tim Basket Putra 5on5 selama Basket 5on5 berpartisipasi dalam SEA Games.

Baca juga: Ketum Perbasi imbau orang tua tidak asal pilih klub basket untuk anak

Di tahun yang sama, Timnas Basket Putri 5on5 juga mempersembahkan medali perak dan medali perunggu untuk kategori basket 3X3.

Puncak perjalanan Timnas Basket Putri 5on5 di level ASEAN terjadi pada SEA Games 2023 Kamboja. Setahun setelah pelaksanaan SEA Games 2021 di Hanoi, Timnas Basket Putri 5on5 untuk pertama kalinya meraih medali emas sejak SEA Games diselenggarakan pada 1959. Capaian spektakuler ini ditambah lagi oleh Timnas Basket 3X3 Putri yang mengamankan medali perunggu di Kamboja.

Di level Asia, Timnas Basket Putri 5on5 sukses naik kasta dengan bertanding di Divisi A Asia untuk kali pertama. Naiknya peringkat Timnas Basket Putri Indonesia di level Asia ini didapat dengan menjadi juara kompetisi Piala FIBA Asia Putri Divisi B pada 2023, menyusul kesuksesan medali emas SEA Games Kamboja.

Secara organisasi, PP Perbasi juga telah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan internasional, mulai dari penyelenggaraan SEABA Kelompok umur U-16 di Surabaya, pelaksanaan FIBA Asia Cup, dan puncaknya menjadi tuan rumah dalam Piala Dunia FIBA 2023 bersama Jepang dan Filipina. Kesuksesan penyelenggaraan ini juga berdampak positif dengan naiknya euforia masyarakat terhadap olahraga bola basket.

Baca juga: PP Perbasi: Sumut miliki banyak bibit atlet potensial

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024