Beijing (ANTARA) - Sebuah basis data kasus dan perkara yang berhubungan dengan perlindungan hak dan kepentingan anak di bawah umur resmi diluncurkan pada Hari Anak Internasional yang tahun ini jatuh pada Sabtu (1/6).

Basis data tersebut menyediakan seperangkat aturan peradilan seragam yang dapat diterapkan dalam penanganan kasus-kasus hukum yang melibatkan anak di bawah umur, yang bertujuan untuk mempromosikan pengalaman dan menstandarkan praktik-praktik dalam melindungi hak-hak dan kepentingan anak di bawah umur, demikian menurut Mahkamah Agung Rakyat (Supreme People's Court/SPC) China.

Dikembangkan oleh SPC, bersama dengan Kejaksaan Agung China, Kementerian Pendidikan China, dan enam otoritas China lainnya, basis data ini mengumpulkan kasus-kasus dan perkara hukum yang berkaitan dengan perlindungan anak di bawah umur berdasarkan basis data yang sudah ada untuk kasus-kasus yang diadili oleh pengadilan rakyat.

SPC meminta masyarakat untuk berkontribusi pada penyempurnaan sistem dan mekanisme terkait, mendorong kolaborasi untuk menciptakan lingkungan hukum dan sosial yang lebih baik bagi anak di bawah umur.

Basis data baru ini dapat diakses di situs web resmi basis data kasus pengadilan rakyat. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024