Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Otsuka Group Indonesia meluncurkan program kesehatan pekerja untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong kebiasaan untuk hidup sehat di tempat kerja.

HCD & Corporate Communications Director Otsuka Group Sudarmadi Widodo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menyatakan Otsuka percaya pekerja ialah aset paling berharga yang mendorong pola hidup sehat.

"Maka, kami berinvestasi dalam kesejahteraan dan produktivitas mereka. Kolaborasi kami dengan Kemenkes mencerminkan dedikasi kami terhadap hal ini dan kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan yang berkelanjutan menciptakan karyawan yang bugar, produktif, serta lingkungan kerja yang lebih sehat," ucap Widodo.

Baca juga: Kemenkes minta perusahaan untuk perhatikan kesehatan mata para pekerja

Hal itu ditandai dengan penandatangan kerja sama antara Kemenkes dan Otsuka Group  pada acara Otsuka Run 2024 yang diikuti oleh lebih dari 1.000 pekerja Otsuka Group dan ASN Runner dari Kemenkes yang digelar di Plaza Senayan, Jakarta, Minggu.

Sementara Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi mengapresiasi upaya yang dilakukan Otsuka Group dalam mendorong terciptanya kebiasaan hidup sehat di tempat kerja.

"Kerja sama ini sangat penting agar menjadi agent of change dan dapat dijadikan contoh bagi perusahaan lain agar semakin banyak perusahaan melakukan hal yang sama demi mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sehat," katanya. 

Baca juga: Kemenkes lakukan skrining kesehatan pekerja setahun sekali

Program kesehatan pekerja Otsuka Group antara lain pemeriksaan kesehatan berkala, memastikan deteksi dini, dan penanganan masalah kesehatan. Selain itu ada pemberian edukasi nutrisi bagi para pekerja serta dukungan kesehatan mental dan  akses layanan konseling untuk mendukung kesejahteraan mental pekerja.

Keseluruhan rangkaian kegiatan untuk kesehatan pekerja merupakan komitmen Otsuka Group melalui Program Now I'm Healthy & Happy (NIHH) bersama dengan Kemenkes. 

Otsuka Group di Indonesia merupakan perusahaan asal Jepang yang terdiri atas PT Otsuka Indonesia, PT Merapi Utama Pharma, PT Lautan Otsuka Chemical, PT Widatra Bhakti, PT Amerta Indah Otsuka, dan PT Otsuka Distribution Indonesia.

Baca juga: Kemenkes ingatkan perusahaan perhatikan kesehatan pekerja

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024