Palembang (ANTARA) - Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah. menjadi juara inovasi sosial dan teknologi Social & Technologi Innovation For Community Challenge (Sotech) 2024 yang digelar Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Pengumuman juara Sotech tersebut dilakukan pada acara Exhibition and Grand Final 3rd SMEEC & Sotech 2024 di Palembang, Ahad.

Rincian juara Sotech 2024 yakni Juara 1 Sotech Sosial (Tunas Muda Tim) dari IPB, Juara 1 Sotech Teknologi (Icedeep Tim) dari Universitas Diponegoro.

Kemudian Juara 2 Sotech Sosial (Canggala Tim) dari Universitas Sriwijaya (Umsri) Palembang, Juara 2 Sotech Teknologi (SGLC Tim) dari Universitas Gajah Mada (UGM) DI Yogyakarta.

Baca juga: Kilang Plaju pastikan produksi Avtur penuhi kebutuhan penerbangan haji

Juara 3 Sotech Sosial (Owl Tim) dari Unsri, Juara 3 Sotech Teknologi (Tim Bismillah Jaya) dari Universitas Jendral Soedirman di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sedangkan pemenang Small Medium Enterprise Empowerment Competition (SMEEC) yakni Juara 1 Promax UMKM (Universitas Sriwijaya), Juara 2 Smeeja UMKM (Universitas Sriwijaya), dan Juara 3 4Grow (UIN Raden Fatah Palembang dan Universitas Sriwijaya).

Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) KPI Ali Mudasir menjelaskan kegiatan tersebut sebagai wadah inovasi mahasiswa untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas.

Khusus SMEEC merupakan lomba bisnis yang diadakan oleh Kilang Pertamina Plaju bagi mahasiswa di wilayah Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung (Sumbagsel) untuk memberdayakan UMKM mitra binaan perusahaan naik kelas.

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju raih penghargaan Global CSR & ESG Awards   

Dengan semangat inovasi dan keberlanjutan melalui kegiatan SMEEC & Sotech, kata Ali Mudasir, tidak hanya memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka, tetapi juga membuka jalan bagi peningkatan perekonomian yang lebih luas serta berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaibah menambahkan pihaknya mengapresiasi Kilang Pertamina Plaju yang secara konsisten menyelenggarakan kegiatan pembinaan UMKM dan pengembangan inovasi mahasiswa di wilayah operasional Sumbagsel dan beberapa provinsi lain seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Kegiatan yang memasuki tahun ketiga ini diharapkan bisa dipertahankan tahun-tahun berikutnya dengan kualitas yang lebih baik dan menjangkau peserta lebih luas,"
 ucapnya. 

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju gelorakan semangat budaya K3

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024