Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Minggu (2/6), mulai dari Polri membantu Royal Thai Police menangkap buronan bandar narkoba nomor 1 Thailand hingga Tim SAR gabungan bersama anggota TNI-Polri berhasil mengevakuasi WNA yang jatuh dari tebing saat mendaki bukit Anak Dara Rinjani, Lombok Timur, NTB.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Polri bantu Royal Thai Police tangkap buronan bandar narkoba nomor 1

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membantu Kepolisian Thailand (Royal Thai Police) dalam menangkap buronan nomor satu, seorang bandar besar narkoba di negeri Gajah Putih yang melarikan diri ke Indonesia bernama Chaowalit Thungduang alias Sia Paeng Nanoo alias Sulaiman.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol. Wahyu Widada di Bareskrim Polri, Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa penangkapan terhadap bandar itu setelah Polri menerima red notice dari Royal Thai Police pada tanggal 16 Februari 2024.

Selengkapnya baca di sini.

2. Polres Blitar-Jatim: Tes urine Kasat Narkoba positif

Polres Blitar, Jawa Timur, menyatakan bahwa hasil tes urine dari Kasat Narkoba Polres Blitar positif dan saat ini yang bersangkutan diperiksa Polda Jatim.

"Sekarang yang bersangkutan lagi menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi terakhir sudah di yanma (bagian pelayanan masyarakat) Polda Jatim," kata Kasi Humas Polres Blitar Iptu Heri Irianto di Blitar, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

3. BPHN-MA berikan penghargaan paralegal kepada 50 kades dan lurah

Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM bersama Mahkamah Agung memberikan penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) kepada 50 kepala desa (kades) dan lurah yang sukses menyelesaikan berbagai sengketa di tengah masyarakat secara damai atau melalui jalur non-litigasi.

“Melalui kegiatan Paralegal Justice Award, kepala desa dan lurah yang berhasil membuat keadaan desanya tertib hukum, aman, dan masyarakatnya sadar akan hukum melalui perannya sebagai ‘hakim perdamaian’, akan dianugerahkan penghargaan Non Litigation Peacemaker, Anubhawa Sasana Jagaddhita, dan Anugerah Paralegal Justice Award,” kata Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Widodo Ekatjahjana dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Tim SAR berhasil evakuasi WNA yang jatuh di Bukit Anak Dara Lombok

Tim SAR gabungan bersama anggota TNI-Polri berhasil mengevakuasi warga negara asing (WNA) bernama Melanie asal Swiss yang meninggal dunia setelah terjatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 1.463,26 meter atau kedalaman 30,75 meter, saat mendaki bukit Anak Dara Sembalun, Kawasan Kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Tim SAR berhasil mengevakuasi korban dari tempat terjatuh selama kurang lebih enam jam," kata Kapolsek Sembalun AKP Wahyu Indrawan di Mataram, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Polri tegaskan tidak ada pungutan biaya masuk Akpol

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menegaskan penerimaan anggota Polri mulai dari jalur Bintara dan Tamtama tidak dipungut biaya atau gratis.

“Demikian juga selama seleksi penerimaan calon taruna akademi kepolisian(Akpol) tidak dipungut biaya sepersenpun atau gratis. Mulai dari pendaftaran sampai pendidikan di Akpol tidak dipungut biaya sama sekali,” kata Trunoyudo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024