Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) penetapan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga 2024 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Senin.

"Baru saja kami melaksanakan pembukaan Rakernas dan Munaslub 2024 oleh Perpani yang jadi bagian paling utama adalah bagaimana kami melakukan transformasi terhadap organisasi Perpani, karena di sinilah pembahasan untuk memperkuat dan memperkokoh Perpani. Kami harus mempunyai suatu anggaran dasar anggaran rumah tangga dan juga nantinya peraturan organisasi yang kuat untuk kejayaan ​​​​​​ke depan," kata Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid Rakernas tersebut membahas mengenai fokus pelaksanaan program dan pencapaian PB Perpani pada 2023, serta program-program yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan ke depan.

Di samping evaluasi dan penetapan program kerja, rakernas ini akan membahas persiapan cabang olahraga panahan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 XXI Aceh-Sumut. Kejuaraan tersebut menjadi bagian dari pelaksanaan pembinaan dan prestasi berjenjang tingkat nasional untuk memetakan atlet panahan berprestasi.

Selain itu dalam munaslub tersebut terdapat pembahasan mengenai perubahan AD/ART yang terletak pada beberapa poin, di antaranya terkait tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing pengurus serta pembentukan komisi disiplin dan etik.

Dalam pembahasan perubahan AD/ART tersebut, PB Perpani juga menghadirkan ahli hukum Prof. Yusril Ihza Mahendra yang ditugaskan untuk memastikan tatanan hukum kepengurusan karena bersinggungan dengan Undang-Undang Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022.

"Kenapa kami mengundang Pak Yusril karena kami ingin memastikan tatanan hukumnya (organisasi). Karena ini kaitannya dengan undang-undang olahraga yang baru keluar pada 2022. Kita harus memastikan bahwa seluruh proses dari hukum yang ada itu adalah lewat ini, karena kaitannya kita ini melihat Perpani adalah bagian daripada undang-undang olahraga," ujar Arsjad Rasjid.

Baca juga: Menpora: Olahraga panahan berkuda sudah harumkan nama Indonesia
Baca juga: Menpora sebut wushu dan kickboxing jadi andalan Indonesia raih medali


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024