Biak (ANTARA) - Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) Theofransus Litaay menyebutkan Polda Papua telah siap melaksanakan pengamanan tahapan pemilihan kepala daerah 2024 (pilkada) dan telah melakukan pemetaan kerawanan daerah.

"Hasil pertemuan tim KSP dengan Polda Papua dilaporkan pihak Polda siap melakukan pengamanan terhadap pelaksanaan Pilkada di Provinsi Papua, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan yang merupakan wilayah hukum dari Polda Papua," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian V KSP Theofransus Litaay menanggapi hasil pertemuan dengan Polda Papua dalam keterangan tertulis di Biak, Senin.

Theofransus menambahkan pihak Polda Papua juga sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang ada indikasi kerawanan.

Polda Papua, lanjut dia, telah membuat ukuran yang bisa digunakan untuk menilai indikasi kerawanan dari satu wilayah.

Ia mengatakan, Polda Papua sudah mengambil langkah-langkah komunikasi sosial maupun komunikasi secara individual kepada para tokoh.

"Serta Polda Papua juga melakukan persuasif agar pelaksanaan Pilkada dapat terselenggara dengan lancar tanpa ada konflik," katanya .

KSP berharap, jajaran Polda Papua nantinya bisa melakukan pengamanan Pilkada sehingga pesta demokrasi dapat bermutu, demokratis.

"Dan membawa manfaat untuk pembangunan secara menyeluruh," harap Theofransus.

​​​​Sementara itu, KSP juga melihat kesiapan wilayah Kota Jayapura tentang tahapan Pilkada 2024.

KSP mengaku, dana hibah dari Pemda kepada KPU, Bawaslu dan institusi terkait semua sudah disalurkan dan sampai saat ini sudah siap dalam penyelenggaraan.

Ke-14 Staf KSP melakukan kunjungan ke Papua di antaranya 1. Johanes Joko (Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP), 2. Theofransus Litaay (Tenaga Ahli Utama Kedeputian V KSP), 3. Athoilah Muhammad (Tenaga Ahli Madya Kedeputian IV KSP), 4. Arju Falah (Tenaga Ahli Madya Kedeputian V KSP), 5. Ratna Dasahasta (Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP) dan tim KSP.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024