Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) memberikan apresiasi kepada lebih dari 3.000 mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik pada tingkat nasional maupun internasional sepanjang 2023/2024.

Direktur Kemahasiswaan UI Badrul Munir di Depok, Senin, mengatakan penghargaan tersebut diberikan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik, kompetisi penalaran, seni dan olahraga, serta pengabdian masyarakat.

“Dari pendataan kami, ada lebih dari 3.000 mahasiswa UI yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak hanya mengukir prestasi, mahasiswa juga melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, membangun kompetensi, dan menggerakkan organisasi. Kontribusi mahasiswa sangat berarti bagi UI dan memberikan citra positif bagi universitas,” ujarnya.

Penghargaan untuk prestasi di bidang akademik diberikan kepada Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2024 yaitu untuk Program Sarjana diberikan kepada Adnan Hasyim Wibowo dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Juara 1), Jeremiah Gerhard Lubis dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Juara 2), dan Najma Ali dari Fakultas Kedokteran (Juara 3).

Baca juga: Adnan Hasyim Wibowo terpilih sebagai mahasiswa berprestasi utama UI

Sementara, untuk Program Vokasi, penghargaan Mahasiswa Berprestasi Utama diraih oleh Futihat Nurul Karimah. Penghargaan Mahasiswa Berprestasi UI juga diberikan dalam kategori khusus. Najma Ali menjadi Mahasiswa Berprestasi Terbaik Rumpun Kesehatan.

Sedangkan Adnan Hasyim Wibowo merupakan Mahasiswa Berprestasi Terbaik Rumpun Sains dan Teknologi, serta Capaian Unggulan Terbaik, kemudian Jeremiah Gerhard Lubis menjadi Mahasiswa Berprestasi Terbaik Rumpun Sosial Humaniora, serta Bahasa Inggris Terbaik.

Adapun Yasmina Ashfa Zahidah dari Fakultas Teknik dinobatkan sebagai Karakter Terbaik dan Elenea Fiane dari Fakultas Kedokteran Gigi sebagai peserta dengan Gagasan Kreatif Terbaik.

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan aplikasi "Carebuddy" untuk pendamping lansia

Selain prestasi akademik, apresiasi diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi non-akademik di bidang penalaran, olahraga, seni, dan budaya, antara lain  penghargaan diberikan kepada tim mahasiswa yang meraih Medali Perak kategori Prototype Gasoline Shell Eco Marathon Asian 2023 dan mewakili UI pada Kontes Mobil Hemat Energi 2023.

Tak hanya penghargaan untuk prestasi akademik dan non-akademik, UI memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, antara lain kepada tim mahasiswa Gerakan UI Mengajar (GUIM) angkatan 13 tahun 2024 yang melakukan pengabdian di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

BEM FMIPA UI juga memperoleh penghargaan berkat optimasi kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan yang diadakan di Desa Cibedug, Bogor, melalui program akses air bersih dan pendidikan berbasis literasi.

 Baca juga: Mahasiswa UI juara balap mobil nasional ISSOM

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024