Jakarta (ANTARA) - Pakar ekonomi sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus segera menunjuk kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk menjaga kepercayaan investor.

“Ganti dengan kepala OIKN yang kredibel, menurut saya itu yang paling penting (untuk menjaga kepercayaan investor),” ujar Piter ketika dihubungi ANTARA dari Jakarta, Senin.

Piter mengatakan bahwa mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe dapat membawa dampak negatif berupa keraguan investor terhadap proyek IKN.

Keraguan tersebut, menurut Piter, dapat diatasi apabila pemerintah segera menunjuk pengganti kepala dan wakil kepala OIKN dengan kredibel. Kredibilitas para pengganti, lanjut dia, tentu dilihat dari rekam jejaknya.

Selain mempertimbangkan aspek kredibilitas, Piter juga merekomendasikan kepada pemerintah untuk melakukannya dalam waktu yang singkat.

Sebab, dampak negatif berupa keraguan investor tersebut juga dipengaruhi oleh seberapa cepat pemerintah dapat mengganti kepala dan wakil kepala OIKN yang mundur, terlebih dengan target upacara bendera 17 Agustus 2024 yang sudah di depan mata.

“(Idealnya) dalam waktu minggu ini juga (sudah ada pengganti),” kata Piter.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Menindaklanjuti hal itu, telah terbit per hari ini Keputusan Presiden (Keppres) yang mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

Presiden meminta Basuki dan Raja Juli menjamin percepatan pembangunan dengan sebaik-baiknya, sesuai visi pada rencana Nusa Rimba Raya dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Baca juga: Anggota DPR: Mundurnya Kepala OIKN perlu jadi momen evaluasi target
Baca juga: Presiden tugaskan Bambang Susanto di bidang kerja sama internasional

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024