Jakarta (ANTARA) - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL menggelar latihan penyergapan di atas KRI Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) yang sedang berlayar menuju ke Hawaii, Amerika Serikat, dalam rangka persiapan Latihan Bersama (Latma) Rim of Pacific (Rimpac) 2024, Minggu (2/6).

Dalam siaran pers resmi TNI AL diterima di Jakarta, Senin, dijelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan di Selat Makasar ini dinamakan pelatihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) yakni kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal.

Pelatihan ini dilakukan demi memperkuat pertahanan setiap KRI ataupun kapal Indonesia lain dari ancaman yang ada di laut.

Selain itu, kegiatan itu ini juga berguna untuk meningkatkan pengawasan dan penjagaan kapal milik Indonesia agar dapat sampai partai tempat tujuan.

Latihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan individu prajurit dalam merancang strategi dan penggunaan senjata dalam menjalankan misi penyelamatan.

Berdasarkan siaran pers tersebut, latihan yang dilakukan jajaran Kopaska itu pun berjalan dengan lancar.

Baca juga: Marinir siapkan pasukan untuk Latma Rimpac 2024 di Hawaii

Baca juga: KRI R. E. Martadinata berlayar ke Hawaii ikut Latma Rimpac 2024


Pihak TNI AL memastikan latihan ini akan digelar secara intensif guna meningkatkan ketajaman insting prajurit dalam menuntaskan misi penyelamatan.

Sebelumnya, Untuk Latma Rimpac tahun ini, TNI AL mengerahkan KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang merupakan kapal perang dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada II TNI AL.

KRI R. E Martadinata pada Selasa (21/5) juga menggelar uji penembakan Meriam 76 di utara Laut Jawa sebagai salah satu persiapan mengikuti Latma Rimpac 2024.

Latma Rimpac merupakan latihan militer maritim yang digelar rutin dua tahun sekali oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dari Komando Gabungan Wilayah Pertahanan Asia Pasifik (USINDOPACOM) yang bermarkas di Pearl Harbor, Hawaii. Latihan itu, yang pertama kali digelar pada 1971, umumnya berlangsung pada pertengahan Juni sampai Juli.

Latma Rimpac tahun ini rencananya tidak hanya diikuti oleh TNI AL, tetapi juga personel dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Irvansyah menyampaikan rencana keikutsertaan Bakamla di Latma Rimpac 2024 saat dia bertemu Wakil Komandan Coast Guard Amerika Serikat (USGC) Laksamana Steven D. Poulin di Washington D. C., Amerika Serikat pada 9 Maret 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024