Kolombo (ANTARA) - Pusat Penanggulangan Bencana (Disaster Management Center/DMC) Sri Lanka mengeluarkan peringatan banjir besar di pinggiran Kolombo, ibu kota Sri Lanka, dan beberapa daerah lainnya di negara pulau tersebut saat hujan deras mengguyur seluruh wilayah di negara itu pada Minggu (2/6).

Departemen Irigasi Sri Lanka menyampaikan bahwa akibat hujan deras sejak Minggu dini hari, tingkat ketinggian air di Sungai Kelani, sungai utama di pinggiran Kolombo, dan Sungai Gin di sebelah selatan Sri Lanka telah mencapai tingkat luber.

 DMC mengatakan bahwa pihaknya telah mengimbau kepada para keluarga yang tinggal di daerah dataran rendah agar mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.   DMC menuturkan bahwa Angkatan Bersenjata Sri Lanka juga diminta untuk bersiaga jika operasi penyelamatan dan pencarian diperlukan di daerah-daerah yang terendam banjir.

Departemen Meteorologi Sri Lanka menyampaikan dalam peringatan cuaca terbarunya pada Minggu bahwa curah hujan hingga lebih dari 150 mm diperkirakan akan melanda provinsi-provinsi di bagian barat dan selatan negara itu dan masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam ruangan.

DMC menuturkan bahwa Angkatan Bersenjata Sri Lanka juga diminta untuk bersiaga jika operasi penyelamatan dan pencarian diperlukan di daerah-daerah yang terendam banjir

Kementerian Pendidikan Sri Lanka mengatakan bahwa seluruh sekolah negeri di negara tersebut akan ditutup pada Senin (3/6) mengingat hujan diperkirakan akan mengguyur lebih sering.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024