Magelang (ANTARA) - Sebanyak 32 proposal penelitian dan lima proposal pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) lolos hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) 2024.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unimma Retno Rusdjijati di Magelang Senin, menyampaikan hal tersebut berdasarkan pengumuman Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024 tertanggal 30 Mei 2024.

"Saya tidak bisa berkata-kata, terharu sekali karena baru kali ini kita memperoleh capaian proposal 32 untuk penelitian yang benar-benar nilai murni dari DRTPM dan pengelola LPPM sangat berterima kasih kepada para dosen, dalam keterbatasan kita karena persiapan APT -Akreditasi Perguruan Tinggi-, dosen-dosen masih tetap berjuang," katanya.

Ia menyampaikan, prestasi tersebut menjadi salah satu pendukung bahwa Unimma terbukti unggul.

"Harapannya, dari penelitian itu harus diimplementasikan ke pengabdian, sehingga nanti LPPM akan mengawal. Jadi, pengabdian Unimma akan sesuai dengan peraturan yang ada yaitu berbasis pada penelitian," katanya.

Perolehan hibah tersebut sekaligus menempatkan Unimma di rangking ke-4 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia dengan presentase 56,14 persen proposal didanai tertinggi.

"Insya Allah, Unimma tetap unggul di antara PTMA yang ada di Indonesia karena prosentase kita yang paling tinggi untuk penelitian," katanya.

Ia menyebutkan, upaya LPPM dalam pendampingan dosen akan terus ditingkatkan dan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjang capaian tersebut.

"Saat ini Unimma ada di kluster utama, Bismillah kita menuju mandiri," katanya.

Adapun skema penelitian yang diperoleh Unimma antara lain Penelitian Fundamental-Reguler (PFR) sebanyak 24 proposal, Penelitian Pascasarjana-Penelitian Tesis Magister (PPS-PTS) sebanyak 7 proposal, dan Penelitian Terapan (PT) sebanyak 1 proposal.

Sementara dalam pengabdian, sejumlah 5 proposal Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) diraih Unimma.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2024