Jakarta (ANTARA) - Pencalonan nominasi Zayed Award for Human Fraternity 2025 resmi dibuka pada hari ini hingga 1 Oktober 2024.

Zayed Award for Human Fraternity adalah penghargaan global independen yang dipersembahkan oleh Komite Tinggi Persaudaraan Manusia, yang diberikan setiap tahun menjelang tanggal 4 Februari, yang bertepatan dengan Hari Persaudaraan Manusia Internasional.

Komite Tinggi Persaudaraan Manusia selaku panitia melalui keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan para penerima penghargaan yang upaya dan dampak kemanusiaannya sejalan dengan nilai yang diwariskan oleh almarhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, diberi penghargaan pada sebuah upacara di Founder's Memorial, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Para pemenang akan memperoleh hadiah finansial sebesar 1 juta Dolar AS," ungkapnya.

Penghargaan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 setelah pertemuan bersejarah di Abu Dhabi antara Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb, di mana kedua pemimpin tersebut turut menandatangani Dokumen Persaudaraan Manusia.

Baca juga: Presiden: Penghargaan Zayed Award kebanggaan bagi NU-Muhammadiyah
Baca juga: Cerita Megawati perjuangkan NU dan Muhammadiyah memenangi Zayed Award


Sejak dilaksanakan pertama kali, penghargaan ini telah mengapresiasi para penerima penghargaan dari 11 negara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya kemanusiaan mereka di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, pengembangan masyarakat, pemukiman kembali bagi pengungsi, serta pemberdayaan perempuan dan pemuda.

"Nilai-nilai yang digaungkan dalam penghargaan ini mencerminkan dedikasi Syekh Zayed untuk bekerja sama dengan siapa saja dari semua latar belakang, warisan moral, kemanusiaan, dan rasa hormat terhadap orang lain serta membantu mereka tanpa memandang agama, jenis kelamin, ras, atau kebangsaan," sebutnya.

Adapun dewan juri pada penghargaan ini merupakan pihak independen, yang beranggotakan para ahli di bidang pembangunan perdamaian dan hidup berdampingan.

Dewan juri akan meninjau nominasi dan menyeleksi calon penerima penghargaan yang akan diberikan dalam upacara pada bulan Februari 2025, bertepatan dengan Hari Persaudaraan Manusia Internasional yang diakui PBB.

Nominator yang memenuhi syarat seperti anggota pemerintahan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, pemimpin spiritual, dan tokoh berpengaruh lainnya, dipersilakan untuk mengajukan nominasi melalui situs resmi Zayed Award for Human Fraternity: https://zayedaward.org/ , dari 3 Juni hingga 1 Oktober 2024.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024