Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan setempat dapat memperhatikan serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 di triwulan dua yang mana hingga April realisasi fisik mencapai 26 persen.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Papua Setyo Wahyudi di Jayapura, Senin, mengatakan saat ini kegiatan paling banyak ada di tahapan proses pengadaan sehingga diharapkan dapat memacu serapan di akhir triwulan dua.

“Kepada pimpinan OPD agar memperhatikan serapan karena ini akan mendekati akhir semester satu,” katanya.

Menurut Setyo, sehingga hal ini harus menjadi perhatian khususnya pada OPD yang mengelola pungutan agar memperhatikan realisasi penerimaannya agar penerimaan dan belanja dapat berimbang.

“Semua harus diperhatikan kegiatan-kegiatan yang belum dilakukan segera lakukan jangan tunda-tunda,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu pihaknya akan melakukan evaluasi mana saja yang masih menjadi kendala, sehingga dapat dilakukan perbaikan yang mempercepat serapan anggaran.


“Dengan sisa waktu kami berharap seluruh kepala OPD bekerja dengan maksimal, sehingga pada akhir bisa mencapai maksimal,” katanya lagi.


Dia menambahkan apalagi dengan sisa delapan kabupaten dan satu kota ini harusnya semakin mudah melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemprov Papua lakukan pemetaan ketahanan pangan
Baca juga: Penjabat Gubernur Papua serahkan VSAT pada empat lokasi di Biak Numfor
Baca juga: Pemprov Papua bakal wujudkan investasi energi bersih


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024