Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan belum mengeluarkan rekomendasi final bakal calon gubernur di 37 provinsi untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

"Belum ada satu pun provinsi, masih (rekomendasi) 35 kabupaten dan kota se-Indonesia," kata Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Senin.

Terkait dengan rekomendasi yang dikeluarkan untuk bakal calon Gubernur Provinsi Papua Tengah atas nama Willem Wendik, Halim menegaskan itu rekomendasi tahap satu.

"Semua calon gubernur pakai tahap satu. Keputusan rekomendasi final paling lambat akhir Juni 2024," ungkapnya.

Dia menjelaskan, rekomendasi tahap satu untuk melihat bagaimana kesiapan koalisi dari bakal calon, termasuk kemampuan sosialisi di internal mereka. Selanjutnya, Desk Pilkada akan mendalami kembali dengan melihat hasil survei, untuk mengambil keputusan.

Halim mengungkapkan hingga Senin (3/6), total pendaftar calon kepala daerah yang melalui PKB sebanyak 3.014 orang dari seluruh Indonesia. Sebanyak 2.990 calon kepala daerah dinyatakan lulus kelengkapan administrasi.

"Sebanyak 529 calon kepala daerah telah mengikuti uji kompetensi dan kepatutan (UKK), dan 35 di antaranya sudah mendapatkan rekomendasi final untuk kabupaten dan kota," jelasnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024