Jakarta (ANTARA) - Standard Chartered Indonesia menghadirkan fasilitas pembiayaan berkelanjutan atau sustainable linked trade financing bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terafiliasi dengan PT DHL Supply Chain Indonesia.

“Di Standard Chartered, pemberian solusi pembiayaan berkelanjutan, dan upaya membantu klien kami untuk mencapai agenda keberlanjutan mereka selalu menjadi prioritas utama kami,” kata Head of Corporate & Investment Banking (CIB) Standard Chartered Indonesia Prashant Hampihallikar dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Adapun fasilitas pembiayaan berkelanjutan itu telah disepakati oleh kedua belah pihak melalui penandatanganan kerja sama. Peluncuran fasilitas ini menggarisbawahi komitmen Standard Chartered untuk mendukung industri UMKM serta upaya pengembangan berkelanjutan.

Fasilitas pembiayaan itu dirancang secara strategis agar memungkinkan pemberian dana di muka bagi para pemasok UMKM DHL dengan faktur yang telah diverifikasi. Fasilitas ini dihadirkan bersama DHL mengingat pemasok UMKM kerap kesulitan mendapatkan fasilitas pinjaman yang terjangkau.

Prashant menambahkan, pihaknya juga bangga atas penyediaan fasilitas pembiayaan ini karena akan sekaligus memberikan kemudahan bagi pemasok UMKM DHL untuk mengakses pembiayaan modal kerja yang menjadi sangat krusial bagi keberlanjutan usaha mereka.

UMKM terafiliasi dengan DHL akan mendapatkan akses terhadap pilihan pembiayaan yang fleksibel. Ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan modal kerja, melainkan juga berinvestasi untuk pengembangan usaha serta menavigasi tantangan pasar dengan percaya diri.

Menurut Standard Chartered, fasilitas pembiayaan berkelanjutan mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam kerangka pembiayaannya. Fasilitas ini tidak hanya memfasilitasi pertumbuhan UMKM, namun juga mendorong dampak sosial yang positif di dalam ekosistem bisnis yang lebih luas.

Hal senada juga disampaikan oleh Chief Financial Officer DHL Supply Chain Indonesia Ike Siti Rukiyah. Menurut dia, kolaborasi dengan Standard Chartered ini memberdayakan UMKM lokal, mendorong keberlanjutan, menciptakan dampak sosial yang positif, dan menegaskan komitmen DHL terhadap pertumbuhan Indonesia.

“Selain itu, kami berkomitmen untuk terus tumbuh sejalan dengan investasi kami di negara ini, guna menciptakan masa depan yang lebih baik bagi para pelaku bisnis dalam negeri,” kata Ike.

Sebagai bagian dari bisnis corporate and investment banking (CIB), Standard Chartered menyampaikan bahwa global subsidiaries group melayani entitas seperti PT DHL Supply Chain Indonesia dan anak perusahaan lainnya dari perusahaan multinasional yang beroperasi di luar negara asalnya.

Standard Chartered menegaskan pihaknya juga selalu berfokus untuk memanfaatkan jaringan bisnisnya yang luas dalam memberikan solusi pembiayaan yang komprehensif kepada para klien korporat.

Baca juga: CIMB Niaga catat pembiayaan naik 6 persen pada kuartal I 2024
Baca juga: BNI sediakan pembiayaan rantai pasok sasar korporasi dan UMKM
Baca juga: BCA Syariah: Pembiayaan UMKM capai Rp1,9 triliun hingga Maret 2024


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024