Jakarta (ANTARA) - Brigjen TNI Taufik Budi Santoso resmi menduduki jabatan Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI setelah melewati proses serah terima jabatan dari komandan sebelumnya yakni Laksda TNI Retiono Kunto di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin.

Serah terima jabatan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep 570/V/2024, tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan dalam lingkungan TNI.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang hadir dalam acara tersebut berpesan kepada Taufik agar mengemban tugas secara profesional demi mensukseskan peran TNI dalam misi perdamaian.

"Saya yakin dedikasi dan loyalitas profesionalisme dan militansi Jenderal sesuai peran tugas pokok serta fungsi organisasi tidak pernah pudar," kata Agus Subiyanto.

Menurut Agus, PMPP memiliki peran penting dalam mendukung pemerintah mensukseskan kebijakan politik luar negeri.

Baca juga: PMPP: Prajurit gabung UNIFIL masih waspadai bom sampai serangan drone

Baca juga: PMPP TNI rampung persiapkan gelombang baru pasukan perdamaian ke Kongo


Salah satu upaya yang harus dilakukan PMPP yakni mendukung pemerintah menciptakan perdamaian dunia melalui pengiriman pasukan perdamaian ke wilayah-wilayah konflik.

Dengan kapasitas dan kualitas Taufik yang telah malang melintang di dunia militer, Agus yakin Taufik bisa mengemban tugasnya sebagai Komandan PMPP.

Di saat yang sama, Agus juga berterima kasih kepada Retiono Kunto dan istri atas pengabdian selama melaksanakan tugas.

Menurut Agus, Retiono memiliki dedikasi, profesionalisme dan militansi yang tinggi selama menjadi Komandan PMPP.

Agus berharap pekerjaan rumah yang ditinggalkan Retiono bisa dituntaskan oleh Taufik selaku Komandan PMPP yang baru.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024