Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Pusat telah menyeleksi calon Abang-None tahun 2024 dan menetapkan sebanyak 15 pasang muda-mudi sebagai finalis.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Pusat, Wiwik Satriani di Jakarta, Selasa, menyebutkan, tahapan selanjutnya sebanyak 15 pasangan finalis atau 30 muda-mudi tersebut akan mengikuti proses pembekalan mulai Minggu (9/6) hingga Sabtu (6/7) mendatang.

Pembekalan bagi para finalis Abang-None 2024 dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan duta pariwisata Jakarta Pusat ke depannya. 

"Kami berharap tahap pembekalan ini menjadi proses pematangan bagi para finalis hingga siap menjadi duta pariwisata Jakarta Pusat, bila terpilih menjadi Abnon," katanya.
 
Sebanyak 15 finalis tersebut merupakan hasil seleksi sebelumnya yang dilakukan dalam dua tahap. Pada seleksi pertama, kegiatan digelar Sabtu (1/6) dan diikuti sebanyak 208 muda-mudi.
 
"Hasilnya sebanyak 70 peserta mengikuti seleksi kedua pada Minggu (2/6). Pada seleksi kedua itu, ditetapkan sebanyak 15 pasang muda-mudi sebagai finalis," ujar Wiwik.
   
Wiwik menjelaskan, selama masa pembekalan itu para finalis Abang-None akan mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari "public speaking", penjurian tengah, "talent show" dan "outbond". Selain itu juga akan dilakukan kegiatan malam keakraban pada Jumat (5/7) mendatang.

Selanjutnya, mereka akan mengikuti kegiatan malam final Abang-None (Abnon) Jakarta Pusat tahun 2024 pada Rabu (17/7) yang digelar di Gedung BRIN Jakarta.

Kepala Seksi Pemasaran dan Atraksi Suku Dinas Parekraf Jakarta Pusat, Endang Suryanti mengatakan, selama proses pembekalan ini para finalis akan mengikuti serangkaian materi kelas dan praktik setiap akhir pekan.

Ada juga "outbond" yang dilaksanakan pada Sabtu (15/6) hingga Minggu (16/6) mendatang.
 
"Dalam kegiatan 'outbond' nanti kami coba melatih mereka agar bisa melakukan kerja secara tim, 'problem solving', kepercayaan diri, sportivitas dan komunikasi efektif," kata Endang.

 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024