Roma (ANTARA) - Para pemimpin Kelompok Tujuh Negara Besar (G7) pada Senin mengatakan "sepenuhnya mendukung" usulan yang disampaikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk mengakhiri pertempuran di Jalur Gaza yang akan mengarah pada gencatan senjata segera.

"Kami menegaskan kembali dukungan kami terhadap upaya perdamaian yang mengarah pada solusi dua negara," kata para pemimpin G7 dalam pernyataan bersama tentang usulan tersebut.

Selain mengusulkan gencatan senjata, usulan gencatan senjata tersebut juga mencakup "pembebasan semua sandera, peningkatan bantuan kemanusiaan secara signifikan dan berkelanjutan untuk didistribusikan ke seluruh Gaza, dan pengakhiran krisis secara langgeng, dengan memastikan keamanan Israel dan keselamatan warga sipil Gaza."

Biden pada Jumat mengumumkan apa yang dia sebut sebagai rencana tiga tahap yang diajukan oleh pemerintah Israel guna mengakhiri perang di Jalur Gaza.

Tawaran tersebut menyerukan gencatan senjata, pembebasan sandera Israel dan tahanan Palestina, serta rekonstruksi Gaza.

"Kami menyerukan kepada Hamas untuk menerima kesepakatan ini, bahwa Israel siap untuk melangkah maju, dan kami mendesak negara-negara yang memiliki pengaruh terhadap Hamas untuk membantu memastikan bahwa hal ini dapat dilakukan," kata para pemimpin G7.

Negara-negara G7 meliputi Italia, Inggris, AS, Prancis, Jerman, Jepang dan Kanada.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Biden desak Qatar bujuk Hamas terima proposal baru gencatan senjata

Baca juga: Spanyol dan Mesir dukung proposal terbaru gencatan senjata di Gaza

Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2024