Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Plt Dirut Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh mengharapkan Festival Pesona Kebangsaan 2024 di Ende, NTT, dapat menjadi wisata sejarah bagi wisatawan.

"Festival Pesona Kebangsaan 2024 ini menjadi daya tarik wisata sejarah yang memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan untuk para wisatawan, serta menjadi ajang bagi kita merawat sejarah nasional Indonesia dan meningkatkan kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia," katanya dalam keterangannya yang diterima di Labuan Bajo, NTT, Selasa.

Festival Pesona Kebangsaan 2024 di Ende, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan BPOLBF dan Pemerintah Kabupaten Ende, berlangsung selama empat hari yakni sejak 30 Mei hingga 2 Juni 2024.

Kegiatan itu mengusung tema "Soekarno dan Pancasila" dengan garis besar Napak Tilas Warisan Sejarah Soekarno di Kota Ende dan merupakan satu dari 110 kegiatan yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Ajang tersebut merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf, yang diselenggarakan sebagai daya tarik wisata dan diharapkan dapat mendorong minat kunjungan wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

Frans yang juga Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kemenparekraf menjelaskan di Provinsi NTT terdapat lima kegiatan yang masuk dalam KEN, yaitu Festival Bale Nagi, Festival Pesona Kebangsaan, Festival Wolobobo Ngada, Festival Golo Koe Maria Assumpta Nusantara, dan Festival Lamaholot.

​​​​​​​Menurut dia, Festival Pesona Kebangsaan 2024 bukan hanya sekadar perayaan memperingati Hari Lahir Pancasila semata, tetapi juga sebuah ajakan untuk menilik kembali jejak sejarah Bung Karno dan napak tilas Ende sebagai kota bersejarah yang menjadi cikal bakal lahirnya nilai-nilai luhur Pancasila.

Ia juga berharap agar semangat Pancasila senantiasa hidup dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Ende yang mendorong dan memperkokoh persatuan, memupuk toleransi, mengembangkan semangat gotong royong demi mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, serta menjadi ajang merawat sejarah nasional Indonesia.

Beberapa mata acara ditampilkan dalam Festival Pesona Kebangsaan 2024, antara lain parade kebangsaan, pagelaran seni dan budaya dari berbagai sanggar, sekolah dan paguyuban yang ada di Ende, pertunjukan musik, hingga pameran ekonomi kreatif Ende yang memamerkan karya-karya kreatif dari kelompok usaha ekonomi kreatif di daratan Flores.

Penjabat Bupati Ende Agustinus Ngasu mengharapkan Festival Pesona Kebangsaan 2024 dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan nilai-nilai Pancasila di hati masyarakat Ende.

"Masyarakat Ende sungguh menyadari bahwa Kabupaten Ende adalah rahimnya Pancasila, kita harus menjadi pelopor berkehidupan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta terus melestarikan dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Maknai nilai Pancasila dalam pengembangan pariwisata
Baca juga: Festival Parade Pesona Kebangsaan di Ende dimeriahkan sanggar lokal
Baca juga: Festival Parade Pesona Kebangsaan Tandakan Ende Kota Pancasila

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024