Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama Suku Dinas Pemuda dan Olahraga setempat memeriahkan Festival Olahraga Rakyat (FOR) tahun 2024 di Kecamatan Kemayoran sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebugaran fisik.
 
Kegiatan di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Kemayoran ini diikuti sebanyak 24 tim senam dari delapan kelurahan se-Kecamatan Kemayoran.
 
"Cabang olahraga festival ini ialah senam yang rata-rata diikuti oleh para ibu. Senam itu selain menjaga kebugaran juga mempunyai unsur riang dan gembira," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota (Setko) Jakarta Pusat Ahmad Joehandi di Jakarta, Selasa.
 
Kegiatan FOR yang digelar ini merupakan pelaksanaan perdana pada tahun 2024. Selanjutnya, kegiatan akan berlanjut di tujuh kecamatan lain se-Jakarta Pusat.

Baca juga: DKI Jakarta optimalkan pemakaian sarana olahraga
Baca juga: Pemkot Jakpus kirim peserta Dharma Wanita dalam Pekan Olahraga Wanita
 
Joehandi berharap kegiatan ini bisa menyemangati masyarakat, khususnya kaum ibu untuk tetap berolahraga. Tidak hanya menjaga kebugaran fisik, dia mengingatkan berolahraga akan memacu tubuh menghasilkan hormon endorfin yang bermanfaat memperbaiki suasana hati hingga mengurangi tingkat stres.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Pora Jakarta Pusat, Ahmad Djazimi mengatakan, kegiatan FOR ini hanya melombakan cabang senam. Berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, kegiatan tahun 2024 ini digelar di tingkat kecamatan.
 
Dalam kegiatan ini setiap kelurahan mengirimkan sebanyak tiga tim perwakilan dengan jumlah anggota masing-masing tim antara 10-12 orang. Pemenangan dari FOR kecamatan ini akan mengikuti kegiatan serupa di tingkat provinsi yang digelar sekitar September 2024.
 
"Kalau tahun lalu juara 1 sampai 3 tingkat kelurahan langsung ikut ke provinsi. Tahun ini kami masih menunggu juknis," katanya.
Baca juga: Pertina minta Pemkot Jakpus fasilitasi sarana didik atlet tinju muda

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024