Jakarta (ANTARA) - Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney mendukung pelajar New South Wales Australia memperdalam Bahasa Indonesia pada kegiatan Indonesian Day yang berlangsung di NSW School of Languages di Petersham.

“Australia dan Indonesia paham bahwa meskipun ikatan sejarah antara Indonesia dan Australia kuat, perlu ada pemahaman bersama tentang bahasa masing-masing. Bahasa adalah gerbang untuk memahami budaya dan cara hidup seseorang," kata Duta Besar RI untuk Australia Siswo Pramono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dubes Siswo menuturkan tahun ini Indonesia dan Australia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Salah satu fondasi hubungan bilateral adalah perjanjian kerja sama budaya yang mempromosikan pengajaran bahasa Indonesia di Australia dan bahasa Inggris di Indonesia serta memperdalam pemahaman tentang sejarah, budaya, dan kehidupan kedua negara.

Dia menekankan pentingnya pembelajaran bahasa sebagai jembatan untuk memahami budaya dan cara hidup suatu negara.

Siswo juga mendorong para pelajar kedua negara yang merupakan generasi milenial dan generasi Z yang nantinya menjadi pemimpin pada masa depan untuk meningkatnya peran dan postur Indonesia, melalui dialog inklusif dan pendekatan berbagi lewat bahasa.

“Dalam arti memberikan lebih banyak ruang pada identitas diri mereka, akan membantu mereka mengakomodasi bahasa dan budaya selain budaya mereka sendiri. Sikap positif terhadap berbagi akan memberikan mereka lebih banyak rasa empati dan keterampilan untuk meraih dialog inklusif,” ujarnya.

Baca juga: KBRI selenggarakan Hari Indonesia di sekolah bahasa di Australia

Sekitar kurang lebih 50 pelajar dari berbagai sekolah dan daerah di New South Wales (NSW) Australia, termasuk Burwood Girls High School, St. Mary Star of the Sea College, Macarthur Anglican School, dan NSW School of Languages hadir pada kegiatan Indonesian Day.

Para pelajar berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti how to update your paragraph, reading skill tips, listening skill tips, dan dictionary skill tips khususnya yang tercakup dalam kurikulum Extension Course Bahasa Indonesia serta mendengarkan berbagi pengalaman oleh alumni.

Selain pembelajaran bahasa Indonesia, para pelajar juga sangat antusias mencoba memainkan angklung yang diajarkan oleh staf KJRI Sydney serta mencoba permainan tradisional Indonesia, seperti memindahkan kelereng dengan sendok dan lomba makan kerupuk.

Indonesian Day merupakan hasil kerja sama antara Australia Indonesia Business Council (AIBC), Australia Indonesia Youth Association (AIYA), NSW School of Languages, KBRI Canberra, dan KJRI Sydney.

Tujuan diadakannya acara tersebut untuk mempertahankan minat siswa kelas 11 dalam mempelajari bahasa Indonesia dan melanjutkannya di kelas 12 sebagai siswa Extension dan Continuers serta untuk meningkatkan jumlah lulusan yang melek Indonesia di dunia kerja.

Baca juga: KJRI Perth beri apresiasi untuk pelajar Bahasa Indonesia di Australia

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2024