Gorontalo (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo siap menggelar Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2024 dengan tema kreativitas Gorontalo untuk pariwisata Global di Kota Gorontalo pada 21-23 Juni nanti.

"Berbagai rangkaian acara telah siap dilaksanakan," ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Aryanto Husain di Gorontalo, Selasa.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Festival Kuliner Nusantara, Fashion Show Karawo Kids And Teens, Diskusi Sustainable Tourism, Expo Produk Ekonomi Kreatif, Festival Musik Kreatif dan Gorontalo Karnaval Karawo.

Aryanto mengatakan, sasaran pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk pencapaian target kunjungan wisatawan lokal, wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara pada tahun 2024.

"Serta untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mewujudkan program pariwisata mendunia," kata dia.

Melalui GKK 2024, Dinas Pariwisata ingin menarik minat masyarakat dalam mengenakan produk karawo sekaligus menguatkan ekonomi melalui pengembangan budaya daerah, menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang berkunjung ke Provinsi Gorontalo.

"Kita ingin mempromosikan sulam karawo yang ada di Provinsi Gorontalo dan turut serta dalam mengembangkan dan melestarikan sulam karawo khas Gorontalo ini," ujar Aryanto.

Mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan lokal juga menjadi tujuan dari GKK 2024 dan menunjang dan pelibatan pelaku ekonomi kreatif, utamanya sub sektor fesyen, kuliner dan lainnya untuk lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif.

"Serta perluasan lapangan usaha dan penciptaan lapangan pekerjaan bagi para pelaku ekonomi kreatif, mempopulerkan dan melestarikan kain sulaman karawo khas Gorontalo secara internasional," kata dia, lagi.

Baca juga: Mengenal Gorontalo melalui Karnaval Karawo
Baca juga: Menpar apresiasi Gorontalo Karnaval Karawo 2019
Baca juga: Kabupaten Gorontalo ditetapkan jadi Kabupaten Kreatif Nasional

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024