Yogyakarta (ANTARA) - Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Cuk Tri Noviandi mengingatkan para juru sembelih hewan kurban menggunakan alat pelindung diri (APD) untuk menghindari potensi bahaya pada saat proses penyembelihan.

Cuk Tri Noviandi di Yogyakarta, Selasa mengatakan potensi bahaya itu antara lain tertendang sapi saat mengikat sapi, tersayat pisau, terhantam kepala saat sapi tiba-tiba bergerak, hingga tertimpa hook atau pisau yang jatuh dari atas.

"Potensi bahaya tersebut tidak akan terjadi jika petugas penyembelih sudah menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap," kata dia.

Menurut dia, para petugas yang terlibat dalam proses penyembelihan hewan kurban juga perlu mengikuti pelatihan serta memahami prosedur operasi standar (SOP) mengenai penyembelihan.

Pasalnya, kata Ketua Juru Sembelih Halal DIY ini, alat pelindung diri bukan untuk mencegah kecelakaan, namun hanya sekadar mengurangi efek atau keparahan kecelakaan.

Sementara itu, Wakil Ketua Halal Center UGM Nanung Danar Dono mengingatkan bahwa sebelum disembelih hewan kurban harus terhindar dari stres.

Menurut dia, terdapat beberapa syarat agar hewan kurban terbebas dari stres, yaitu tempat penyembelihan hendaknya tenang dan tidak gaduh, istirahatkan ternak setelah perjalanan, dan jangan sampai hewan kurban melihat darah dari hewan lain yang telah disembelih.

"Tempat penyembelihan hendaknya tenang, bersih, suci dari najis dan tidak gaduh," ujar Nanung.

Peneliti Laboratorium Ilmu dan Teknologi Daging Fakultas Peternakan UGM Endy Triyannanto menambahkan higienitas pengelolaan daging kurban harus diperhatikan untuk mencegah potensi penularan penyakit.

Menurut dia, membekukan daging tidak membunuh bakteri tetapi hanya memperlambat perrtumbuhan saja sehingga praktik penanganan yang baik tetap diperlukan.

"Jika daging sudah dipastikan aman dikonsumsi maka tentu akan mencegah penularan penyakit," kata dia.
Baca juga: Legislator ingatkan penyembelihan kurban harus sesuai aspek kehalalan
Baca juga: ITB-AD: Penyembelihan hewan kurban dapat tingkatkan kepedulian sosial
Baca juga: BHQ di Kota Bogor sediakan ratusan hewan kurban sehat dan berkualitas

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2024