Beijing (ANTARA) - Menteri Perdagangan China Wang Wentao mengatakan bahwa penyelidikan anti-subsidi Eropa terhadap kendaraan listrik (EV) negara itu atas dasar "kapasitas industri yang berlebihan" adalah tipikal proteksionisme perdagangan.

China berharap kedua belah pihak akan mengatasi kekhawatiran masing-masing melalui dialog dan komunikasi.

Menurut Wang, apa yang disebut kelebihan kapasitas industri merupakan hal yang keliru, sehingga yang mengalami kelebihan bukan kapasitas produksi industri, melainkan kecemasan. Dia juga menyatakan bahwa tudingan distorsi pasar terhadap China merupakan buah dari "mentalitas yang menyimpang."

Menurut Kementerian Perdagangan China, Wang menyatakan hal itu dalam pertemuan ke-29 Komite Kerja Sama Ekonomi dan Industri Bersama China-Spanyol yang diselenggarakan di Madrid pada Senin (3/6). Wang memimpin pertemuan itu bersama dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Bisnis Spanyol Carlos Cuerpo.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak bertukar pandangan mendalam terkait berbagai hal, termasuk di antaranya mendorong pengembangan berkualitas tinggi dalam hubungan ekonomi dan perdagangan bilateral, penyelidikan antisubsidi Uni Eropa (UE) terhadap EV China, memfasilitasi pertukaran personel bilateral, pengadaan pemerintah, serta akses pasar untuk produk pertanian dan pangan.

Wang mengatakan bahwa China akan bekerja sama dengan Spanyol untuk terus meningkatkan tingkat perdagangan antara kedua negara, mendorong investasi dua arah, memperkuat kerja sama di antara usaha kecil dan menengah (UKM) dan kerja sama pasar pihak ketiga, serta memperluas berbagai bidang perdagangan untuk hasil yang saling menguntungkan.

Dia berharap Spanyol akan memainkan peran positif dalam membujuk UE agar tetap bersikap rasional dan terbuka di bidang industri energi hijau dan energi baru.

Cuerpo menuturkan bahwa Spanyol menaruh perhatian besar pada hubungan ekonomi dan perdagangannya dengan China, dan siap untuk terus memperdalam kemitraan strategis antara kedua negara, memelihara dialog dan kerja sama dengan China.

Selain itu, Spanyol mendorong pengembangan kerja sama ekonomi dan perdagangan yang seimbang, serta mendorong penjajakan lebih banyak peluang kerja sama oleh perusahaan-perusahaan dari kedua negara dalam berbagai bidang seperti otomotif, energi terbarukan, peralatan mesin industri, dan perlengkapan medis.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024