Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Tim SAR gabungan menemukan satu korban penambang pasir yang tertimbun longsor di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gunung Semeru di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa sore.

"Korban yang ditemukan bernama Kusnadi (40), warga Desa/Kecamatan Pronojiwo yang merupakan sopir truk. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Yudi Cahyono saat dikonfirmasi per telepon Selasa malam.

Menurutnya sebuah tebing sungai di aliran lahar Gunung Semeru yang berada di Dusun Supit, Desa Pronojiwo longsor bagian sisi timur, sehingga material longsoran mengarah ke barat dan kebetulan ada para penambang pasir lokal di sana, sehingga tertimbun.

"Kami juga mengklarifikasi bahwa yang longsor bukan kawasan penambangan pasir, namun tebing sungai dan kebetulan korban yang tertimbun adalah penambang lokal yang saat itu bekerja," tuturnya.

Ia menjelaskan Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor dengan menggunakan beberapa alat berat milik penambang pasir yang berada di bawah untuk mempercepat proses evakuasi korban.

"Hingga sore hari baru ditemukan satu korban dalam kondisi meninggal dunia, namun proses pencarian korban yang tertimbun longsor dihentikan sementara karena sudah gelap dan tidak maksimal pada malam hari," katanya.

Yudi mengaku belum bisa memastikan jumlah korban yang tertimbun longsor karena pihaknya masih melakukan asessment, namun berdasarkan informasi dari warga sekitar terdapat empat hingga lima orang.

Sementara Kapolsek Pronojiwo AKP Wahono Puji Santoso mengatakan terdapat empat orang yang tertimbun longsor dan satu korban sudah ditemukan, sehingga masih ada tiga korban yang belum ditemukan.

Berdasarkan data dari pihak Kecamatan Pronojiwo ada lima orang yang berada di sekitar lokasi longsor, namun satu orang berhasil lari dan menyelamatkan diri, sedangkan empat orang tertimbun longsor.

Nama-nama korban yang tertimbun longsor yakni Junaedi (26) warga Kabupaten Malang, Dwi (35) warga Desa/Kecamatan Pronojiwo, Kusnadi (40) warga Desa/Kecamatan Pronojiwo, Rohim warga Desa Sidomulyo-Kecamatan Pronojiwo, sedangkan korban selamat yakni Abdul Latif warga Kabupaten Malang.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024