London (ANTARA News) - Manchester United menghentikan laju rentetan tiga kekalahan beruntun dengan membalas dendam terhadap tim yang menyingkirkan mereka dari Piala FA pada akhir pekan silam, Swansea City, dengan kemenangan 2-0 atas klub Wales itu pada Sabtu waktu setempat.

Kekalahan-kekalahan dari Tottenham Hotspur, Swansea, dan Sunderland membuat United beresiko menelan empat kekalahan beruntun untuk pertama kalinya sejak 1961, namun mereka membuang kemungkinan tersebut berkat penampilan meyakinkan di Old Trafford.

Gol-gol Antonio Valencia dan Danny Welbeck pada babak kedua membuat United hanya terpaut empat angka dari empat besar Liga Utama Inggris di peringkat ketujuh, enam hari setelah Swansea menaklukkan mereka di Piala FA di lapangan yang sama.

Pemain sayap remaja Adnan Januzaj menjadi katalis bagi kemenangan United, dan ia nyaris membuka gol pada menit ke-11 melalui tendangan bebas yang membentur mistar gawang.

Welbeck juga menyia-nyiakan peluang bagus ketika upayanya masih melebar, namun tekanan segera hilang dari bahu mereka pada awal babak kedua ketika Valencia mencetak gol setelah Gerhard Tremmel menepus tandukan Shinji Kagawa.

Januzaj mengirim umpan silang untuk Kagawa, dan ia juga menjadi sumber bagi gol kedua United, pada menit ke-59, dengan mengirim umpan kepada Patrice Evra, yang tembakan first time-nya dibelokkan ke gawang tim tamu oleh Welbeck.

Chris Smalling hanya mampu melepaskan sepakan voli melambung dari umpan silang yang dikirimkan Kagawa, yang sepakannya juga gagal berbuah gol karena belum melewati garis, namun meski tidak ada gol-gol tambahan, permainan United terlihat telah membaik yang menumbuhkan harapan bagi para penggemar mereka.

Sebelumnya, Eden Hazared dan Fernando Torres mencetak gol saat Chelsea menang 2-0 di markas Hull City, untuk memuncaki klasemen Liga Utama Inggris.

Hazard, yang merayakan ulang tahun ke-23nya pada Selasa, memecah kebuntuan pada awal babak kedua di Stadion KC pada menit ke-56 di Stadion KC, menerima operan dari Ashley Cole di luar area Hull dan mengecoh beberapa pemain bertahan sebelum melepaskan tembakan mendatar menuju sudut kanan bawah gawang dengan kaki kanannya.

Torres menandai penampilan ke-200nya di Liga Utama Inggris dengan gol larut, di mana ia melewati Alex Bruce dan menembakkan bola ke arah tiang kiri gawang dengan kaki kirinya.

Kemenangan ini membawa pasukan Jose Mourinho menduduki peringkat pertama di atas mantan pemuncak klasemen Arsenal, yang mengunjungi Aston Villa pada Senin, dan membuat mereka memiliki persiapan yang bagus menjelang pertandingan akhir pekan mendatang ketika mereka menjamu Manchester United.

Pelatih Chelsea Mourinho menepis laporan-laporan media Prancis yang mengaitkan Hazard dengan kepindahan ke Paris Saint Germain, dengan berkata, "Klub tidak ingin menjualnya. Tentu saja pelatih yang mengambil keputusan. Setiap pelatih menginginkan pemain-pemain seperti dia."

"Tahun lalu Anda melihat Hazard yang bertalenta; tahun ini ia merupakan pemain yang semakin matang. Ia layak menerima penghargaan lebih dari pemain terbaik di pertandingan, mungkin pemain terbaik bulan ini. Tidak banyak (pemain) yang melakukan hal yang ia lakukan."

Everton kembali ke zona Liga Champions berkat kemenangan 2-0 atas tamunya Norwich City.

Gareth Barry membawa Everton unggul pada menit ke-23 melalui tembakan dari jarak 19 meter yang bersarang ke sudut kanan atas gawang, sebelum Kevin Mirallas mencetak gol dari tendangan bebas pada menit ke-60.

Tottenham Hotspur tertinggal satu angka di bawah pasukan Roberto Martinez di peringkat kelima, setelah mengalahkan Crystal Palace dengan skor yang sama di White Hart Lane.

Setelah pemain sayap Palace Jason Puncheon gagal mengeksekusi penalti, Christian Eriksen memecah kebuntuan pada menit ke-50 dari operan Emmanuel Adebayor.

Satu hari setelah transfernya ke Toronto FC diumumkan, penyerang Spurs Jermain Defoe mendapat sambutan hangat saat masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua, dan ia menjawabnya dengan sumbangan gol saat pertandingan menyisakan 18 menit.

"Itu penyelesaian khas Jermaine Defoe," kata pelatih Spurs Tim Sherwood.

"Ia mengejarnya dan menghantamnya. Saya akan sangat menyesal karena kehilangan Jermaine. Toronto mendapatkan pencetak gol yang hebat."

Adam Johnson mencetak trigol pertama sepanjang karir profesionalnya saat Sunderland menang 4-1 di markas Fulham, untuk meninggalkan posisi juru kunci dan hanya terpaut satu angka dengan zona aman.

Johnson memberi umpan bagi gol Sunderland lainnya, yang dibukukan Ki Sung Yueng, sedangkan Steve Sidwell memperkecil kekalahan bagi tuan rumah.

West Ham United menodai pertandingan kandang pertama Ole Gunnar Solksjaer sebagai pelatih Cardiff City, melalui gol-gol yang dibukukan Carlton Cole dan Mark Noble yang memberi pasukan Sam Allardyce kemenangan 2-0 yang mengeluarkan mereka dari tiga posisi terbawah di klasemen.

Sementara itu, gol di menit ke-66 yang dicetak kapten Adam Lallana membuat Southampton menang 1-0 atas tamunya West Bromwich Albion, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF/A016)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014