Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Selasa (4/6). Berikut beberapa pilihan berita kemarin yang masih menarik dibaca pagi ini.
 
1. DPR RI setujui RUU KIA jadi undang-undang
 
Rapat Paripurna DPR RI Ke-19 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan menjadi undang-undang.
 
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka dalam laporannya menjelaskan bahwa mulanya pengaturan rancangan undang-undang tersebut adalah pengaturan tentang kesejahteraan ibu dan anak secara umum, namun akhirnya disepakati bahwa fokus pengaturan rancangan undang-undang adalah pengaturan tentang kesejahteraan ibu dan anak pada fase 1.000 hari pertama kehidupan.
 
Baca selengkapnya di sini.

2. DPR RI setujui naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven
 
DPR RI menyetujui permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia kepada pemain sepak bola asal Belanda Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-19 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa.
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan persetujuan kedua atlet menjadi warga negara Indonesia (WNI) tersebut akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
 
Baca selengkapnya di sini.

3. Puan: RUU MK belum masuk paripurna karena ingin dengar masukan
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Revisi Undang-Undang (RUU) tentang Mahkamah Konstitusi (MK) belum dimasukkan ke Rapat Paripurna karena DPR ingin mendengar terlebih dahulu masukan dari masyarakat.
 
"Nanti kita dengar dulu di lapangan seperti apa, yang pasti saya akan lihat dulu," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6).
 
Baca selengkapnya di sini.

4. Gerindra siapkan Ridwan Kamil maju Pilkada Jakarta
 
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya itu menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, setelah kader yang sebelumnya disiapkan yakni Budisatrio Djiwandono memutuskan tidak maju.
 
Dia mengatakan bahwa Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta. Dia menilai partai-partai lain pun akan senada dalam hal mendukung Ridwan Kamil.
 
Baca selengkapnya di sini.

5. Kaesang respons soal kabar dirinya maju Pilkada Jakarta
 
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons mengenai kabar tentang dirinya yang akan maju dalam Pilkada Jakarta.
 
“Kalau ditanya saya maju atau tidak, tunggu kejutannya di bulan Agustus,” kata Kaesang ketika ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI di Jakarta Pusat, Selasa (4/6).
 
Baca selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024