Jakarta (ANTARA) -
Wakil Kepala Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto meminta warga segera melaporkan kepada Kepolisian apabila mengalami atau menemukan tindakan kriminal. 
 
"Kita harus lebih responsif, peduli, dan empati apabila menemukan tindakan-tindakan kriminal dapat melaporkan kepada pihak yang berwenang, jadi apabila ada laporan dapat dicek dan ricek oleh para personel Polri khususnya Kapolres, Kapolsek, Kasatreskrim, dan lain-lain untuk dapat mengantisipasi dan menangani kasus-kasus yang dilaporkan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
 
Suyudi menambahkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto selalu mengatakan untuk menindak tegas siapapun yang melanggar aturan.
 
"Namun, kami menyadari bahwa kami juga membutuhkan setiap elemen masyarakat, karena tanpa dukungan rekan-rekan sekalian, Polri tidak akan mampu menangani persoalan dan bekerja dengan optimal," katanya.
 
Dia juga berpesan pentingnya memberikan perhatian lebih dan peduli terhadap keluarga terutama anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang kontraproduktif seperti kenakalan remaja bahkan tindakan kriminal.

Menurut dia aksi kriminal yang melibatkan anak atau remaja seringkali dipicu kurangnya pengawasan orang tua.
 
"Zaman sekarang ini kita harus lebih aware (sadar) terhadap diri kita dan keluarga, karena tantangan ke depan pasti lebih besar, " katanya.
 
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto saat memimpin Patroli Skala Besar, Selasa (4/6/2024). ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya


Hal tersebut disampaikan Suyudi saat mengunjungi Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di Perumahan Taman Aster, Kelurahan Telaga Asih, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Selasa (4/6) malam.
 
Kegiatan tersebut juga dilaksanakan setelah Suyudi memimpin Patroli Skala Besar sebagai bagian dari upaya peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
 
Suyudi mengatakan Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Jaya - 2024, yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya dan jajaran secara serentak untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat.
 
"Kegiatan Patroli Skala Besar secara serentak ini dilaksanakan dalam rangka menjaga keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah Pilkada 2024," ucapnya
 
Suyudi berharap kegiatan ini merupakan komitmen Polda Metro Jaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama menjelang momen penting seperti Pilkada.
 
"Dengan adanya Patroli Skala Besar, diharapkan dapat mencegah potensi gangguan keamanan yang bisa mengganggu proses demokrasi. Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Kepolisian dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam Pilkada dengan tenang dan aman." katanya.
Baca juga: Satpol PP DKI gencarkan patroli antisipasi aksi konvoi hingga tawuran
Baca juga: 170 pelajar yang terlibat tawuran dikumpulkan di Balai Kota DKI
Baca juga: Polisi tangkap tujuh remaja yang lakukan konvoi

 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024