Malang (ANTARA) - Tokopedia mengungkapkan tren belanja daring di kalangan masyarakat Jawa Timur, termasuk produk-produk yang paling banyak mereka beli melalui platformnya selama kuartal pertama tahun 2024.

Menurut Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam jumpa pers di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/6), produk makanan dan minuman, fesyen, serta olahraga dan hobi selama kurun itu laris di wilayah Jawa Timur.

Ia mengatakan bahwa produk fesyen yang paling laris meliputi kulot anak, kardigan untuk Muslim, dan celana tidur.

Sementara produk makanan dan minuman yang laris antara lain minyak goreng dan gula, serta produk olahraga dan hobi yang laris di antaranya diecast kapal, buku tanaman, dan buku misteri.

Di bandingkan pada kuartal pertama 2023, selama kuartal pertama 2024 terjadi kenaikan transaksi tiga kali lipat pada produk baju tidur, 2,5 kali lipat pada produk hijab instan, serta lebih dari dua kali lipat pada produk makanan dan keripik di ShopTokopedia di wilayah Jawa Timur.

Rizky juga menyampaikan bahwa ada kecenderungan belanja daring yang berbeda di setiap daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Di daerah Malang, ia mencontohkan, produk dalam kategori fesyen, makanan dan minuman, serta rumah tangga paling laris di Tokopedia.

Produk fesyen yang paling laris yakni rok plisket, ikat pinggang, dan jam tangan; produk makanan dan minuman yang laris terdiri atas minyak goreng, gula pasir, dan kopi saset; dan produk rumah tangga yang laris meliputi bantal, pompa galon elektrik, dan keranjang sampah.

Baca juga: Konsumen pilih belanja daring karena lebih hemat

Berdasarkan tren belanja daring terkini, Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan kampanye untuk mendukung pemasaran hasil produksi pelaku usaha lokal.

Kampanye Home Living SALEbration dilaksanakan untuk mendukung upaya pemasaran penjual produk kebutuhan rumah tangga dan dapur, termasuk tanaman hias dan bibit tanaman.

Selain itu, ada Dilayani Tokopedia yang ditujukan untuk memudahkan penjual menjangkau pasar di luar kota atau pulau.

Dalam hal ini, operasional penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala dilakukan oleh Tokopedia.

"Penjual di Malang misalnya, bisa memasarkan produknya ke masyarakat di luar Jawa Timur bahkan antarpulau lewat Dilayani Tokopedia, yang salah satu gudangnya ada di wilayah Osowilangun," kata Rizky.

Baca juga: Kiat hindari tipuan saat belanja daring
Baca juga: Perubahan cara belanja membuat Pasar Tanah Abang sepi

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024