Taiyuan (ANTARA) - Dijuluki "bunga matahari" oleh staf pemeliharaan, deretan panel fotovoltaik berputar bersama terbit dan terbenamnya matahari. Penyediaan energi bersih yang konsisten ke jaringan listrik, di tengah-tengah area hijau di sekitarnya, telah secara drastis meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat yang dahulu terganggu oleh embusan pasir.

Basis Demonstrasi Fotovoltaik Teknologi Canggih Nasional Area Penurunan Tanah Penambangan Batu Bara Datong terletak di Kota Datong di Shanxi, provinsi yang kaya batu bara di China.

Di sana, terdapat area seluas 1.687 kilometer persegi yang permukaannya mengalami penurunan akibat penambangan batu bara skala besar yang berkepanjangan.

Koeksistensi yang harmonis antara teknologi fotovoltaik dan semak ekologis yang kita lihat saat ini dahulu sulit untuk dibayangkan, karena area penurunan tanah itu sebelumnya teridentifikasi sebagai area yang tidak dapat dihuni dan tidak cocok untuk penggunaan industri.

Kendati demikian, daerah tersebut memiliki kondisi yang menguntungkan seperti sumber daya tenaga surya yang melimpah dan akses jaringan listrik yang baik. Keuntungan ini memungkinkan pemerintah daerah untuk merevitalisasi daerah itu dengan industri fotovoltaik.

Basis tersebut mulai dibangun pada September 2015 dan telah menarik 13 perusahaan untuk berinvestasi serta mengoperasikan panel fotovoltaik, seperti China General Nuclear Power Group dan State Power Investment Corporation.

Basis itu dibangun dengan total skala konstruksi 1,5 juta kilowatt, yang terdiri dari 12 proyek 100.000 kilowatt, enam proyek 50.000 kilowatt, tiga stasiun penghimpun 220 kilovolt, dan 68 titik pemantauan untuk kondisi penurunan permukaan tanah.

Proyek tahap pertama mencakup area seluas sekitar 3.306,7 hektare dengan skala konstruksi 1 juta kilowatt. Hingga akhir April 2024, basis tersebut telah menghasilkan total kumulatif 12,67 miliar kilowatt-jam listrik, menurut Wang Zhiwei, chairman Datong City New Energy Resources Development Corporation.
 
 Foto udara yang diambil pada tanggal 30 Mei 2024 menunjukkan panel fotovoltaik di Pangkalan Demonstrasi Fotovoltaik Teknologi Canggih Nasional Area Penurunan Pertambangan Batubara Datong di Datong, Provinsi Shanxi,  China. (Xinhua/Liu Lihang)


Selama hampir delapan tahun beroperasi, modul fotovoltaik di basis itu telah mengalami peningkatan dan iterasi berkelanjutan dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi produksi listrik.

"Kami menggunakan empat jenis metode pemasangan untuk modul fotovoltaik di basis kami. Salah satunya adalah pelacak sumbu ganda yang dapat memutar panel untuk mengikuti arah sinar matahari, secara konsisten mempertahankan sudut yang optimal dan menangkap radiasi matahari secara lebih efisien," ujar Han Zhicheng, direktur pusat layanan pemantauan informasi di basis tersebut.

Untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya tenaga surya dan secara efisien memanfaatkan lahan kosong di area penurunan tanah penambangan batu bara, basis itu mengadopsi model restorasi ekologi 'agrovoltaik'.

Model tersebut mencakup penanaman vegetasi di bawah panel fotovoltaik, menjaga efisiensi produksi listrik sembari mendukung konservasi tanah dan air serta meningkatkan kualitas lingkungan ekologis.

Data yang disediakan oleh biro energi kota itu menunjukkan bahwa tahun lalu, kapasitas energi baru dan terbarukan Datong mencapai 8,75 juta kilowatt, menyumbangkan 52 persen terhadap total kapasitas terpasang.

Kapasitas yang terhubung ke jaringan untuk tenaga angin dan fotovoltaik mencapai 8,62 juta kilowatt, menempatkan Datong di peringkat teratas di Provinsi Shanxi.

Energi baru, bersama dengan energi tradisional, mendorong pengembangan berkelanjutan perusahaan teknologi tinggi dan menggenjot pertumbuhan ekonomi industri setempat.

ZDATA Green Cloud Valley, salah satu klaster pusat data terbesar di China yang berlokasi di wilayah Yanggao dan berjarak 89 kilometer dari basis itu, sedang mengerjakan pembangunan hutan data nol karbon.

"Wilayah Yanggao dekat dengan Beijing dan kaya sumber daya energi, memenuhi kebutuhan energi kami yang tinggi," ujar Ma Chao, Wakil Presiden ZDATA Group.

Dia menuturkan bahwa perusahaan itu berniat untuk membangun sebuah pusat komputasi data yang ramah lingkungan dan rendah karbon, memperkenalkan berbagai proyek energi baru yang dibangun secara mandiri dan kooperatif untuk menyediakan energi bersih bagi pusat data tersebut.

Di masa depan, biro energi kota tersebut akan berfokus pada proyek-proyek energi baru di area penurunan tanah penambangan batu bara, memajukan inovasi digital dalam sistem energi, memenuhi kebutuhan energi perusahaan teknologi tinggi, dan mempromosikan solusi tenaga angin, surya, termal, dan penyimpanan yang terintegrasi untuk mendorong transisi energi dan pengembangan ekologi Datong. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024