Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mendampingi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang bertransformasi dari Perguruan Tinggi Negeri dengan Pola Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja (PTN-Satker) menjadi PTN Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PTN-BLU).

Rektor ISI Yogyakarta Dr Irwandi, M.Hum dalam keterangannya di Depok, Rabu, memberikan apresiasi kehadiran Pimpinan UI di kampus ISI Yogyakarta.

Ia berharap atmosfir ISI yang sudah dirasakan oleh delegasi UI dapat menjadi data para pendamping untuk bisa mengkatalisasi dan memberikan saran pada ISI Yogyakarta ke depannya.

Baca juga: ISI Yogyakarta gelar Festival Karawitan Internasional secara virtual

Menurut dia, selain bertransformasi sebagai PTN-BLU, ISI Yogyakarta juga menjadi pelopor perguruan tinggi seni nasional yang unggul, kreatif, dan inovatif berdasar Pancasila.

“Semoga kolaborasi ini tidak hanya sebatas pada program revitalisasi saja, tetapi ke depannya kita dapat menjadi saudara dan berkolaborasi yang memberikan dampak pada masyarakat dan lingkungan,” kata Irwandi.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Perencanaan dan Anggaran UI Dr Titi Muswati Putranti, M.Si., dan para pimpinan fakultas dari UI memaparkan materi terkait dengan perencanaan anggaran di UI.

Selain itu, dipaparkan juga tentang pengelolaan akademik dan non-akademik dari masing-masing fakultas yang mungkin dapat mendukung persiapan ISI Yogyakarta menjadi PTN-BLU. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama.

Selain melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi lapangan, delegasi UI juga menghadiri beberapa rangkaian acara Lustrum ke-8 atau Dies Natalis ke-40 ISI Yogyakarta, di antaranya Sidang Terbuka Senat ISI Yogyakarta dengan pidato ilmiah yang disampaikan oleh Plt Direktur Kelembagaan, Ditjen Diktiristek, Bhimo Widyo Andoko. Dilanjutkan dengan kunjungan pameran Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta.

Selanjutnya, delegasi UI mengikuti pembukaan Pasar Kreatif 2024 yang dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta Dr Irwandi, M.Hum.

Pada kegiatan tersebut, ISI Yogyakarta menghadirkan lebih dari 30 tenant yang berasal dari UMKM mahasiswa dan masyarakat sekitar. Selain itu, juga ada penampilan marching band, arak-arakan tradisional, live music, dan berbagai penampilan seni lainnya.

Di akhir kunjungan tersebut, delegasi UI menyaksikan Pagelaran Teater Musikal “Ambarasta” produksi Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Pertunjukan tersebut memadupadankan unsur teater, musik, dan tari yang menceritakan kisah perjuangan dalam membela negara.

Baca juga: Lima karya seni ISI Yogyakarta dipajang di pameran Shanghai

Baca juga: Oscar Motuloh terima gelar "Empu Ageng" dari ISI Yogyakarta


Delegasi UI berkunjung ke ISI di bawah pimpinan Rektor UI Prof Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., disambut oleh Rektor ISI Yogyakarta, Dr Irwandi, M.Hum.

Hadir pada kunjungan tersebut, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik UI, Vita Silvira, S.E., Ak., MBA., CA., Direktur Perencanaan dan Anggaran UI Dr Titi Muswati Putranti, Dekan Fakultas Teknik (FT) UI Prof Dr Heri Hermansyah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI Teguh Dartanto, Ph.D., Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) UI Prof Dr Bagus Takwin.

Selain itu, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI Dr Untung Yuwono, dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI Dwi Ardhanariswari Sundrijo, Ph.D.


Pendampingan Transformasi ISI Yogyakarta terdiri atas Dr Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A., (Ketua), Arief Wibisono Lubis, S.E., M.F.N., M.Sc., Ph.D., (Wakil Ketua), Asia Ariyani, S.Ikom., (Sekretaris), dan Dra Ariadne Lakshmidevi, M.Eng., Ph.D (Anggota).

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024