Jakarta (ANTARA) - Perusahaan fintech Komunal berupaya meningkatkan pemahaman dan kepercayaan masyarakat kepada Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan BPR Syariah (BPRS), khususnya produk deposito BPR/S, melalui ajang pameran “Komunal BPR Fair” di Jakarta.

“Masyarakat kami undang untuk bicara langsung dengan BPR supaya mereka mengerti benar bahwa prosesnya itu lewat platform secara digital, dari sisi keamanannya seperti apa, dari sisi bunganya seperti apa, dan juga ada cashback yang kami tawarkan,” kata Komisaris Komunal Indonesia Peter Jacobs saat dijumpai di Jakarta, Rabu.

“Komunal BPR Fair” diselenggarakan pada 5-9 Juni 2024 bertempat di Atrium Mall of Indonesia (MOI) Jakarta. Melalui pameran tersebut, Komunal memberikan wadah eksklusif bagi BPR untuk lebih dekat dengan masyarakat, terutama di kawasan kota-kota besar seperti Jakarta.

Acara tersebut dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat agar lebih mengenal dan memahami deposito BPR sebagai instrumen investasi yang aman, menguntungkan, dan tepat untuk dipilih.

Terdapat empat mitra BPR dan satu BPRS yang terlibat dalam pameran antara lain BPR Nusumma dari Jawa Timur, BPR Pekanbaru Madani Perseroda dari Riau, BPR Suryajaya Kubutambahan dari Bali, BPR Kirana dari Jawa Timur, dan BPRS Artha Madani dari Jawa Barat.

Peter mengatakan keterlibatan kelima BPR/S tersebut juga dapat menjadi percontohan bagi BPR/S lainnya yang belum tergabung dalam ekosistem DepositoBPR by Komunal.

Baca juga: LPS dan DepositoBPR by Komunal gelar sosialisasi edukasi finansial

Kelimanya, sebut Peter, sudah menjadi mitra Komunal sejak lama serta senantiasa menjaga kualitas bisnis dan komunikasi dengan para nasabah.

Melalui upaya peningkatan pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap BPR, “Komunal BPR Fair” juga membawa dampak positif bagi peningkatan jumlah investasi yang masuk ke BPR.

Dengan begitu, hal ini tidak hanya akan memperkuat BPR sebagai institusi keuangan lokal tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di kota-kota tier 2 dan 3.

Menurut perusahaan, “Komunal BPR Fair” hadir dengan semangat memperkuat peran BPR sebagai motor penggerak roda perekonomian nasional, terutama dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

BPR, sebut Komunal, juga memiliki keunggulan dalam membangun hubungan erat dengan masyarakat para pelaku ekonomi lokal di kota-kota tier 2 dan 3 yang kerap tidak terjangkau oleh sistem perbankan umum.

Komunal mencatat, lebih dari 370 BPR/S di seluruh Indonesia yang sudah bergabung ke dalam ekosistem melalui aplikasi marketplace DepositoBPR by Komunal.

Adapun DepositoBPR by Komunal telah tercatat dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor pencatatan S-178/MS.72/2021.

Sementara itu, seluruh produk deposito BPR/S yang ditawarkan di aplikasi DepositoBPR by Komunal memiliki tingkat suku bunga paling tinggi hingga 6,75 persen atau masih dalam kategori yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Baca juga: Komunal mendapat pendanaan Rp85 miliar untuk dorong inklusi keuangan

Baca juga: Komunal terpilih sebagai "Top 3 Finalis" dalam ajang ABA 2023


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024