Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta berkoordinasi dengan lurah dan Rukun Tetangga (RT) di sepanjang pesisir Jakarta Utara untuk mengantisipasi banjir akibat air pasang atau rob.

"Petugas BPBD memantau titik-titik yang biasa terjadi rob dan berkoordinasi dengan lurah, RT dan RW," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi terjadinya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase bulan baru yang terjadi pada 4-10 Juni 2024.

Dengan peringatan dini tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua instansi terutama kewilayahan agar siap mengantisipasi terjadinya banjir rob.

"Kami sudah memberikan informasi kepada masyarakat untuk waspada," tuturnya.

Baca juga: Sejumlah lokasi di Jakarta Utara terdampak banjir rob

BPBD mencatat sudah terjadi banjir air pasang mulai Selasa (4/6) pukul 19.45 WIB. Banjir pertama kali terpantau di Kelurahan Papanggo dengan jumlah satu RT, kemudian pada pukul 20.40 WIB banjir bertambah tiga RT di Kelurahan Pluit sehingga total menjadi empat RT.

Rob tersebut telah surut pada Rabu sekitar jam 06.30 WIB. Namun pihaknya tetap meminta agar warga bersiaga karena diperkirakan akan terjadi hingga 10 Juni 2024.

"Kalau untuk kedalaman hanya 10 sampai 50 sentimeter dan terjadi di empat kelurahan yang berada di Jakarta Utara," katanya.

Baca juga: BPBD DKI Jakarta minta warga pesisir mewaspadai rob hingga 10 Juni

Merujuk Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang peringatan dini banjir pesisir (rob) bahwa fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

Karena itu, Isnawa menyampaikan agar warga wilayah pesisir utara Jakarta seperti Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Muara Angke dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi terjadinya banjir pesisir.

Masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman https://bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi pusat panggilan (call center) Jakarta Siaga 112,” kata dia.
Baca juga: BPBD DKI kerahkan personel perkecil dampak rob di wilayah pesisir

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024