Bandarlampung (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung mengklaim layanan listrik pada 854.436 pelanggan di wilayahnya sudah menyala secara bertahap.
 
"Hingga hari ini pukul 13.00 WIB gardu induk sudah mulai bertegangan 100 persen," ujar Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung Darma Saputra di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan dengan mulai bertegangannya gardu induk di wilayah itu, maka layanan listrik bagi 854.436 orang pelanggan telah kembali menyala meski bertahap.
 
"Kami terus berupaya melakukan pemulihan pasca-gangguan transmisi jaringan kelistrikan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuk Linggau-Lahat di Sumatera Selatan," katanya.

Baca juga: PLN pulihkan listrik 699 ribu pelanggan usai gangguan transmisi
 
Dia menjelaskan PLN UID Lampung terus berupaya lakukan penormalan bertahap sehingga masyarakat bisa kembali menikmati layanan listrik.
 
"PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung langsung bergerak melakukan pemulihan dari sisi pembangkit, transmisi, dan distribusi, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait," ucapnya. 
 
Tanggapan atas pemadaman listrik dikatakan oleh salah seorang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Lampung, Ameng.
 
"Untuk sementara produksi kopi yang menggunakan alat elektronik seperti pemanggangan kopi, pembuatan bubuk kopi, dan pengemasan, ditunda dahulu sampai listrik hidup," kata Ameng.


Baca juga: PLN Lampung: Gangguan kelistrikan di Pulau Sumatera dalam penanganan
 
Guna menyiasati pemadaman listrik yang terjadi pada empat provinsi di Pulau Sumatera itu, ia melakukan pengerjaan produksi kopi yang tidak perlu memanfaatkan istrik.
 
"Jadi hanya memilah kopi, memotong stiker, kemudian melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak menggunakan listrik. Kalau untuk pesanan ditunda pengantaran sampai besok," ucapnya.
 
Diketahui gangguan kelistrikan yang mengakibatkan pemadaman listrik di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), salah satunya Provinsi Lampung, telah terjadi sejak Selasa (5/6) pada pukul 10.30 WIB hingga saat ini.
 
Meski telah ada sejumlah daerah yang kembali bisa menikmati layanan listrik, tapi masih ada pula daerah di Provinsi Lampung yang belum pulih sepenuhnya  setelah adanya gangguan kelistrikan pada transmisi SUTET 275 kV Lubuk Linggau - Lahat di Sumatera Selatan.

Baca juga: PLN sebut normalisasi listrik di Sumbagsel sudah 90 persen
Baca juga: PLN sebut normalisasi aliran listrik Sumbagsel tuntas Selasa malam

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024