Wamena, Papua Pegunungan (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama Wury Ma'ruf Amin menyapa beberapa pemain futsal putra dan putri Provinsi Papua Pegunungan yang akan bertanding pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara pada September 2024.

Hal itu dilakukan Wapres usai meresmikan pencanangan Program Strategis Nasional dan Program Strategis Provinsi Papua Pegunungan di Gedung Aithousa, Wamena, Papua Pegunungan, Rabu seperti diinformasikan Biro Pers Sekretariat Wapres.

Tidak hanya para pemain remaja, di antara mereka juga terdapat beberapa pemain futsal cilik. Kepada salah satu pemain cilik ini, Wapres sempat bertanya siapa tokoh idolanya dalam sepakbola.

"Suka main bola? Siapa pemain bola favorit yang kamu kagumi, siapa? tanya Wapres.

"Ronaldo," jawab anak tersebut.

Usai berdialog ringan, Wapres dan Wury Ma'ruf Amin masing-masing kemudian menyerahkan sebuah bola sebagai bentuk dukungan dan semangat kepada salah seorang perwakilan dari pemain dewasa dan anak-anak.

Baca juga: Papua gondol medali emas futsal PON XX

Kepada Wapres, Pj. Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai memperkenalkan salah seorang pemain futsal putri bernama Ance Wenda yang berhasil mengantarkan Tim Futsal Putri Papua Pegunungan ke PON XXI.

"Kakak Wenda ini salah satu kemarin yang memperkuat tim futsal kami Papua Pegunungan untuk ke PON dan Alhamdulillaah kita lolos PON untuk futsal," kata Velix.

Tidak hanya itu, Velix juga menyampaikan bahwa para pemain futsal anak-anak yang hadir pada acara ini adalah anak-anak para pegawai yang tinggal di kawasan pusat pemerintahan Papua Pegunungan.

“Ini semua anak-anak kita di pusat inti pemerintahan. Anak-anak yang tinggal di Walesi dan Wouma," ujarnya.

Sebelumnya, di lokasi yang sama Wapres dan Wury Ma'ruf Amin juga sempat meninjau pameran produk kerajinan hasil UMKM Dekranasda Papua Pegunungan. Di tempat itu, dipamerkan berbagai kerajinan mulai dari perkakas, lukisan hingga perhiasan. Selain itu, beberapa produk kopi olahan khas Papua Pegunungan juga turut dipamerkan.

Setelah berkeliling meninjau berbagai stan pameran, Wapres dan Wury Ma'ruf Amin mendapatkan kejutan hadiah berupa sebuah lukisan dari salah seorang pelukis yang karyanya ikut dipamerkan pada acara tersebut

Lukisan yang menggambarkan Wapres beserta Wury Ma'ruf Amin tersebut sangat unik karena dibuat menggunakan cat minyak dengan alas kulit kayu. Kepada sang pelukis, Wapres dan Wury Ma'ruf Amin pun mengucapkan terima kasih dan mengajaknya untuk berfoto bersama.

Baca juga: Wapres harap PON 2024 lahirkan atlet-atlet berprestasi

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024