Jakarta (ANTARA) - Managing Director OxfordAQA mengatakan kolaborasi pihaknya dengan Mentari Assessment untuk memperkaya pengalaman pendidikan siswa di Indonesia agar jadi lebih berkualitas dan dapat bersaing secara global.

“Indonesia negara yang penting dan besar, banyak hal yang tertarik akan sekolah internasional. Kita di sini untuk memberikan dukungan pada mereka dan siswa. Tapi kami menyadari memiliki keterbatasan, sehingga melakukan kolaborasi dengan Mentari sebagai mitra lokal, kita akan memberikan layanan baik daring dan luring, dukungan pada siswa dan sekolah,” kata Managing Director OxfordAQA Andrew Coombe saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Dalam acara peluncuran kurikulum OxfordAQA di Indonesia pada 5-6 Juni 2024, Andrew menuturkan sebagai bentuk lanjutan dari kerja sama dengan Mentari Assesment ini, pihaknya bakal memberikan pelatihan bagi para guru dalam memberikan pembelajaran pada siswa, membuat rencana pembelajaran hingga meningkatkan kompetensi para guru.

Terlebih karena kurikulum yang digunakan oleh OxfordAQA telah diakui oleh sejumlah kampus bergengsi di luar negeri seperti Ivy League hingga MITT.

Baca juga: Pelatihan tari bagi guru penting untuk pengembangan seni di sekolah

Baca juga: Peneliti UI paparkan pentingnya pelatihan bagi guru vokasi di industri


“Melalui kolaborasi ini, OxfordAQA berkomitmen untuk membawa pengalaman dan kualitas pendidikan terbaik ke Indonesia, membantu siswa Indonesia untuk bersaing di panggung global bersama Mentari Assessment,” kata dia.

Direktur Mentari Assessment Djuni Rimba menambahkan lewat kerja sama yang terjalin, diharapkan dapat mendukung pendidikan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional terbaik. Dengan kurikulum yang lebih komprehensif dan kompetitif, namun dengan pengimplementasian yang sederhana.

Kolaborasi itu memberikan harapan dan solusi besar untuk meningkatkan standar pendidikan serta menciptakan peluang baru dengan dukungan penuh dan kolaborasi dengan otoritas, pimpinan sekolah, dan pendidikan Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan visi Mentari Group untuk menjadi kontributor aktif dalam pembangunan sumber daya manusia yang unggul di Indonesia agar bisa berdiri sejajar dengan bangsa terkemuka di dunia melalui jalur pendidikan,” kata Djuni.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh sejumlah pihak seperti Andrew Coombe (Managing Director OxfordAQA), Stuart Keltie (International Sales Director Oxford University Press), Luke Sweetman (Head of Global Partnerships Oxford University Press), dan Djuni Rimba (Center Director Mentari Assessment).

Mentari Assessment merupakan bagian dari Mentari Group, sebuah organisasi pendidikan terkemuka di Indonesia yang telah lama berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air yang berperan dalam memastikan bahwa kualifikasi dan kurikulum internasional ini diadaptasi dan diimplementasikan dengan cara yang paling efektif untuk sekolah dan siswa di Indonesia.

Sementara OxfordAQA International adalah sebuah lembaga yang terkenal secara global karena kualifikasi akademiknya yang diakui secara internasional dan berfokus pada pengembangan kurikulum yang komprehensif dan kompetitif.

Baca juga: Pakar: Guru harus diberi pelatihan penanganan tindak kekerasan

Baca juga: EF gelar pelatihan bahasa Inggris di kawasan wisata Borobudur

Baca juga: Guru Indonesia ikuti pelatihan kepemimpinan STEM di Singapura


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024