Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan web hosting dan solusi digital Exabytes dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) berkolaborasi mendorong penggunaan domain .id dalam upaya meningkatkan digitalisasi bisnis di Indonesia.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan PANDI dalam mendorong upaya digitalisasi di Indonesia," ujar Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan dalam rilis pers yang diterima, Rabu.

Indra mengatakan dengan memaksimalkan keahlian Exabytes di bidang web hosting dan solusi digital, serta pengalaman PANDI yang luas dalam pengelolaan domain, pihaknya berharap dapat menginspirasi dan membantu lebih banyak lagi pelaku usaha dan individu untuk memanfaatkan kekuatan internet dalam mencapai tujuan.

Baca juga: Exabytes tawarkan keuntungan pakai Google Workspace bagi UMKM

PANDI dan Exabytes bertujuan untuk menggerakkan revolusi digital di Indonesia dengan mendorong penggunaan nama domain secara luas sebagai landasan pembentukan identitas dan branding online.

PANDI, sebagai pengelola lanskap domain terkemuka di Indonesia, memiliki peranan penting dalam memfasilitasi pendaftaran dan pengelolaan nama domain dengan eksistensi .id.

PANDI mencatat total pengguna domain .id per 31 Desember 2023 yaitu sebanyak 951.421 pengguna, angka tersebut meningkat 31 persen dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 726.305 pengguna.

Baca juga: SME DigitalFest targetkan 5.000 UMKM siap menghadapi era digital

Namun jumlah pengguna domain .id tersebut masih sangat kecil, yaitu hanya 0,4 persen jika dibandingkan dengan total pengguna internet di Indonesia sebanyak 215 juta berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2023.

Data Exabytes menyebutkan bahwa pengguna domain .co.id dan .id hanya sekitar 25.43 persen, sedangkan pengguna domain .com cukup signifikan yaitu 44.67 persen dari total keseluruhan pengguna domain di Exabytes.

Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia terhadap penggunaan domain lokal.

Baca juga: Exabytes harap IWA 2021 menaikkan standar website Indonesia

Exabytes dan PANDI percaya bahwa penggunaan domain.id harus terus digalakkan karena domain .id merupakan bentuk identitas digital Indonesia untuk menguasai sektor digital.

Keduanya memiliki komitmen bersama untuk memperkuat bisnis dan individu di Indonesia dengan penggunaan domain .id yang lebih luas, sehingga dapat menjadi katalisator bagi transformasi digital bisnis di Indonesia.

Indra mengatakan, dengan memberikan dukungan yang komprehensif, diharapkan dapat membuka jalan menuju Indonesia yang lebih inklusif dan dinamis secara digital.

Baca juga: Exabytes gelar Indonesia Website Awards 2021

"Bersama, kita dapat memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendorong perubahan positif dan menciptakan dunia yang lebih sustainable untuk generasi yang akan datang," ujar dia.

Melalui inisiatif ini, Exabytes juga meluncurkan program undian berhadiah berupa satu unit mobil Wuling Air EV – lite. Periode undian berhadiah ini dimulai 3 Juni dan berakhir pada 31 Desember 2024.

Program undian berhadiah ini dirancang untuk memberikan apresiasi dan dukungan kepada para pelaku usaha dan individu dalam memulai perjalanan digital mereka.

Adapun mekanisme untuk mengikuti program undian berhadiah ini yaitu dengan melakukan pembelian produk domain .id atau .co.id untuk dua tahun atau dengan melakukan pembelian Web Hosting cPanel 13 Plus/Pro/Max untuk tiga tahun menggunakan domain .id atau .co.id.

Melalui sejumlah program yang mendorong digitalisasi dan mendukung keberlanjutan program ini, Exabytes terus berupaya untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia agar dapat berkembang di lanskap digital yang berkembang pesat, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi lingkungan.

Baca juga: Lima hal ini wajib diperhatikan saat membuat situs web

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024