Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menilai keberadaan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Hub akan menopang infrastruktur Pusat Data Nasional (PDN) dan konektivitas 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Budi Arie mengatakan PLN Hub akan menyediakan infrastruktur kelistrikan untuk operasional Pusat Data Nasional PDN di Ibu Kota Nusantara (IKN) guna mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (PSBE).

"Keberadaan PLN Hub ini bisa sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN," kata dia sebelum Groundbreaking PLN Hub di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu.

Dikutip dari rilis pers, Rabu, Budi Arie menyatakan PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan IKN yang menopang infrastruktur telekomunikasi dan digital.

Baca juga: Presiden minta PLN tangkap investasi lewat peluang sumber energi hijau

Baca juga: PLN Hub IKN episentrum transisi energi pertama dan terbesar di RI


"Jadi hari ini akan diresmikan PLN Hub di mana PLN Hub ini kan seluruh ekosistem kelistrikan di Nusantara, termasuk juga bagaimana infrastruktur telekomunikasi dan infrastruktur digital ini diwujudkan," tuturnya.

Budi Arie mengatakan PLN Hub juga menjadi kunci layanan teknologi telekomunikasi terbaru, termasuk jaringan 5G.

"PLN Hub sebagai pusat infrastruktur kelistrikan di IKN menjadi penting. Kita sudah dorong investasi jaringan telekomunikasi 5G, tapi ini kan banyak hal karena investasi infrastruktur telekomunikasi sangat mahal ya," kata dia.

Budi Arie menekankan peran strategis PLN Hub dalam mendukung pengembangan jaringan telekomunikasi 5G sebagai salah satu infrastruktur konektivitas digital di IKN.

Pasokan listrik yang stabil dan andal dari PLN Hub dinilai akan memastikan jaringan 5G dapat beroperasi secara optimal sehingga menghadirkan konektivitas digital di IKN.

Menkominfo menambahkan bahwa teknologi 5G bukan hanya tentang kecepatan internet yang tinggi, tetapi juga membuka peluang meningkatkan kualitas layanan publik Pemerintah.

“Jaringan 5G akan memungkinkan aplikasi dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik bisa diterapkan,” ucapnya.

Budi Arie menambahkan bahwa kolaborasi antara PLN dan operator telekomunikasi menjadi kunci keberhasilan implementasi konektivitas digital di IKN.

Pembangunan PLN Hub di IKN menjadi bukti komitmen pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital terbaik bagi masyarakat.

"Apalagi PLN punya Icon Plus yang juga mendukung infrastruktur telekomunikasi," ucap Budi Arie.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan ekosistem kelistrikan di IKN akan berbasis energi terbarukan dengan dukungan sistem yang cerdas.

“Salah satu tugas kami adalah membangun ekosistem kelistrikan yang smart, green, tetapi juga beautiful. Jadi ini satu ekosistem renewable energy,” jelasnya.

Darmawan menegaskan kesiapan penyediaan infrastruktur listrik untuk PDN yang andal dan ramah lingkungan.

Baca juga: PLN: PLTS suplai 100 persen listrik saat upacara HUT ke-79 RI di IKN

Baca juga: Menkominfo pastikan IKN miliki konektivitas andal

Baca juga: Menkominfo jajaki kerja sama global siapkan infrastruktur 5G di IKN

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024