Jakarta (ANTARA) -
Produsen makanan dan minuman Nestle mengadakan program untuk para lanjut usia menjalani hidup yang lebih sehat dan menginformasikan pentingnya pemenuhan gizi dan beraktivitas fisik secara teratur melalui RestorActive Fest.
 
Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ade Rustama mengapresiasi program ini yang berkontribusi dalam mendukung strategi nasional kelanjutusiaan (Perpres No 88 tahun 2021) melalui program “4 Sehat 5 Bahagia” yang sudah berjalan mulai tahun 2023.
 
"Kegiatan kolaborasi strategis ini turut mendukung upaya pemerintah mewujudkan kualitas hidup lansia di Indonesia menjadi lebih baik dan berdaya. Semoga komitmen Nestlè melalui kegiatan RestorActive Fest dapat semakin berkembang dan berkelanjutan secara nasional," katanya dalam keterangan pers yang diterima, Rabu.

Baca juga: Nestle terima penghargaan LinkedIn Top Companies 2024
 
RestorActive Fest merupakan hasil kolaborasi Pentahelix antara Nestlé Boost Optimum dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Pengurus Pusat Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PP PERGEMI), divisi Geriatri FKUI RSCM, maupun komunitas lansia. Acara ini diselenggarakan Selasa, 28 Mei 2024 di Taman Ismail Marzuki.
 
Business Executive Officer Nestlé Health Science Erfin Suraida menjelaskan inisiatif yang diusung Nestlé Boost Optimum yang secara aktif berkomitmen untuk menginspirasi para lansia untuk menjaga kualitas hidup.
 
Salah satunya menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

Baca juga: Nestle Milo luncurkan Milo NutriActiv dengan multigrain
 
“Nestlé Boost Optimum secara aktif mendorong para lansia melalui kegiatan yang berkesinambungan dan fokus pada edukasi “4 Sehat 5 Bahagia”, yaitu: pemenuhan gizi, konsumsi ragam makanan bergizi seimbang, istirahat, aktif bergerak untuk mencapai pilar bahagia," kata Erfin.
 
Program ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian Pengaruh Konsumsi Boost Optimum & Resistance Training yang dilakukan oleh Nestlé Boost Optimum bersama PP PERGEMI dan divisi Geriatri FKUI RSCM dengan melibatkan 120 responden lansia selama 12 minggu.
 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi Boost Optimum dan latihan fisik secara teratur dapat mencegah kerentaan otot, memperbaiki kekuatan otot, dan mewujudkan kualitas hidup apabila dapat dilakukan sejak dini dapat memberikan dampak yang semakin baik bagi para lansia.

Baca juga: Nestlé dan BRGM berkolaborasi rehabilitasi Mangrove di Siak
 
"Untuk menjaga kemandirian di usia lanjut, penting bagi lansia untuk fokus pada pemenuhan gizi seimbang dan aktif bergerak. Suplementasi gizi yang mengandung protein baik diimbangi dengan latihan fisik secara rutin sangatlah penting untuk dapat mencegah kerentanan otot, memperbaiki kekuatan otot dan meningkatkan kualitas hidup," kata Prof Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsulen Geriatri.
 
Nestlé Boost Optimum bersama Kemenko PMK dan PP PERGEMI juga memperluas jangkauan program RestorActive ke puskesmas dan komunitas lansia di Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia.

Baca juga: Astra International, Nestle, dan Decathlon bermitra dengan Rekosistem

Baca juga: Nestlé Indonesia hadirkan rangkaian kegiatan untuk peringati Harganas

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024