Jakarta (ANTARA) - Perumda Dharma Jaya mengungkapkan bahwa stok hewan kurban yang sehat terutama sapi dan kambing cukup untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha 1445 Hijriah di Jakarta.

 "Kami pastikan stok sapi dan kambing tercukupi menjelang Idul Adha nanti," kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman saat dihubungi di Jakarta, Rabu.
 
Raditya menuturkan data yang terkumpul saat ini meliputi 800 ekor sapi dan 100 ekor kambing yang akan didistribusikan melalui perusahaan tersebut.
 
Selain itu, pihaknya juga memastikan agar kesehatan hewan kurban terjamin melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan bersama dengan pihak terkait.

Baca juga: Jakpus sosialisasi penyelenggaraan kurban yang aman dan sehat
 
Langkah ini diambil guna menjamin bahwa kebutuhan masyarakat akan hewan kurban dapat terpenuhi dengan standar kesehatan serta sesuai syariat Islam.
 
"Untuk pemeriksaan kesehatan tentu kerja sama dengan Dinas KPKP DKI Jakarta dan dokter hewan untuk diberi tanda," ujarnya.
 
Terlebih, pihaknya memastikan stok hewan kurban yang masuk benar-benar sehat sebelum memasuki area Dharma Jaya yang berada di kawasan Cakung, Jakarta Timur. "Jadi dipastikan yang masuk ke Cakung sudah pasti sehat," ujarnya.
 
Dengan demikian, BUMD DKI Jakarta tersebut menjamin ketersediaan daging hewan kurban halal dan sesuai syariat Islam untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit zoonosis dan penyakit hewan seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Salmonella.

Baca juga: Hewan kurban di 119 lokasi penampungan di Jakarta dinyatakan sehat
 
Pada Idul Adha 1445 Hijriah, kebutuhan hewan kurban di DKI Jakarta diperkirakan mencapai sebanyak 61 ribu ekor yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba.
 
​​​​​​Dinas KPKP DKI telah memeriksa sekitar 10.800 ekor hewan yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba di 119 lokasi penampungan di Jakarta dengan dinyatakan sehat sehingga terpenuhi secara syariat Islam.
 
Kemudian, Sudin KPKP juga bekerjasama dengan Balai Veteriner Subang untuk pengujian sampel darah demi memastikan hewan kurban di Jakarta bebas dari penyakit zoonosis. Zoonosis merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024