Jakarta (ANTARA News) - Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Selasa esok, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelar haul keempat  KH Abdurahman Wahid yang biasa disapa Gus Dur. 

"Bagi PPP, sosok Gus Dur merupakan bapak bangsa yang jadi panutan. Tak hanya itu, sebagai tokoh NU, Gus Dur dan PPP juga memiliki kedekatan emosional. Meski faktanya Gus Dur lebih dikenal sebagai pendiri PKB," kata Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Media DPP PPP M Arwani Thomafi yang melukiskan haul ini sebagai bentuk kedekatan PPP dan Gus Gur yang adalah tokoh NU.

PPP juga ingin mengenang Gus Dur sebagai bapak demokrasi yang selalu dekat dan memikirkan rakyat.

"Haul ini juga sekaligus mengingatkan bangsa Indonesia terhadap pentingnya demokrasi yang belakangan ini mulai dikooptasi oleh kepentingan pemilik modal," ujarnya.

PPP mengaku sudah meminta izin keluarga besar Gus Dur. "Nanti Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid juga akan hadir dan memberikan sambutan," ucapnya.

Acara ini, katanya, bakal dihadiri tokoh-tokoh yang pernah dekat dengan Gus Dur, seperti Rizal Ramli, Jimly As-shiddiqie, dan Luhut Panjaitan.

Akhir Desember 2013 lalu, acara haul atau 1.000 hari wafatnya Gus Dur diperingati di Ciganjur, Jakarta Selatan, dan dihadiri ribuan massa dari berbagai kalangan dan daerah.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014