Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) melakukan kegiatan sosialisasi terkait rencana pembangunan proyek Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 KV di Bungku-Andowia, Sulawesi Tengah.

"Sosialisasi tersebut sudah dilakukan pada warga dan pejabat Forkopimda setempat di Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Morowali, Sulteng," kata Asisten Manager Perizinan dan Umum PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) Yanuar Habib dalam keterangan di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan sosialisasi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Morowali, Yusman Mahbub dihadiri oleh Asisten Manager Perizinan dan Umum PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) Yanuar Habib, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Abd.Mutaqqin Sonaru, SP, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Perwakilan OPD teknis terkait, Perwakilan ATR/BPN Morowali, Camat Bungku Timur, Camat Bahodopi dan Camat Bungku Pesisir, serta jajaran stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Manager Perizinan dan Umum PLN UPP Sultra Yanuar Habib mengungkapkan, tujuan dari sosialisasi ini untuk menyampaikan rencana dan tahapan-tahapan pelaksanaan pembangunan Proyek Strategi Nasional (PSN) SUTET 275 KV Bungku-Andowia.

“Saat ini tahapan yang dilaksanakan adalah tahap pengadaan tanah untuk tapak tower. Sosialisasi rencana pembangunan ini juga akan dilaksanakan di tiap kecamatan yang dilintasi jalur SUTET, ” papar Yanuar.

Dia, melanjutkan, pekerjaan konstruksi akan dilaksanakan jika pengadaan tanah mi 85 persen tapak tower telah mencukupi 75 persen min 8 oleh karena itu PLN memohon bantuan dari Forkopimda untuk turut serta mendukung proses pengadaan tanah untuk tapak tower agar pekerjaan konstruksi dapat segera dimulai.

"Pembangunan SUTET ini nantinya untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Morowali dan sekitarnya.

Sekda Morowali, Yusman Mahbub mewakili PJ Bupati Kabupati Morowali menyambut baik rencana pembangunan serta memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk pembangunan yang akan dijalankan PLN.

"Semoga pekerjaan terlaksana dengan baik serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
Baca juga: Pembangunan transmisi PLN di Sulawesi 75 persen komponen dalam negeri
Baca juga: PLTMG Luwuk 40 MW lewati tahap "backfeeding" pengoperasian
Baca juga: PLN UIP Sulawesi melakukan hydrotest PLTU Palu-3

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024