Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan masalah banjir di ibukota tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

"Memang butuh waktu untuk bisa menyelesaikan masalah banjir di Jakarta sampai tuntas. Makanya, yang terpenting sekarang adalah kerja cepat dan tetap fokus," kata Jokowi saat meninjau Taman Kota Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin.

Jokowi mengaku tidak ingin memusingkan urusan lain, kecuali fokus menjalankan program penanganan banjir melalui normalisasi sungai dan waduk.

"Sekarang kita bicara apa adanya saja. Normalisasi sungai dan waduk sampai dengan saat ini masih belum maksimal. Oleh sebab itu, harus terus dikerjakan, tidak boleh sampai berhenti," ujar Jokowi.

Jokowi berjanji untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat guna mengatasi banjir.

"Terutama, dalam hal distribusi bantuan bagi seluruh warga yang menjadi korban banjir, serta melakukan langkah antisipasi meluasnya wilayah yang terdampak banjir," tutur Jokowi.

Dia tak ingin lempar-melempar tanggung jawab karena semua pihak memiliki tugas dan kewenangannya masing-masing.

"Kalau hal tersebut sampai terjadi, maka hanya akan memperlambat proses kerja penanganan banjir. Lagi pula, setiap instansi kan sudah mengetahui tugasnya masing-masing. Lakukan saja dengan baik dan cepat," tambah Jokowi. 

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014