Melbourne (ANTARA News) - Petenis tak terkenal dari Thailand Luksika Kumkhum menyeruak untuk melampaui sukses awal petenis China Li Na setelah meraih kemenangan sensasional dari unggulan keenam Petra Kvitova pada Australia Terbuka hari ini.

Luksika yang pretasi terbaiknya mencapai babak perempatfinal turnamen Kuala Lumpur tahun lalu, tampil menekan pada penampilan pertamanya menghadapi petenis top 10 dunia.

Didukung penonton Australia, Luksika menumbangkan juara Wimbledon 2011 itu dengan 6-2, 1-6, 6-4 untuk menciptakan kejutan terbesar pada hari pertama turnamen itu.

"Saya sangat senang mengalahkan petenis nomor enam di dunia," kata Luksika. "Hari ini adalah hari terbesar saya, saya sangat bahagia."

Petenis berusia 20 tahun ini sempat gagal masuk kualifikasi Shenzhen Terbuka dan Sydney International menjelang Australia Terbuka di Melbourne.

Luksika pernah mencapai babak kedua di Melbourne tahun lalu dan mengatakan penonton telah membuatnya menang.

"Saya kira penonton telah membantu banyak sekali," kata dia. "Saya hanya bermain layaknya saya tak punya beban untuk kalah, hanya bermain sebaik-baiknya."

Kemenangan Luksika mengaburkan kemenangan Li Na yang mengandaskan juara junior turnamen ini Ana Konjuh dengan 6-2, 6-0.

Kejutan lainnya datang dari petenis China Zheng Jie yang mengalahkan unggul ke-12 asal Italia Roberta Vinci dengan 6-4, 6-3, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014