Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan internal dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam rangka membahas hasil diplomasi Indonesia di IISS Shangri-La Dialogue Ke-21 yang digelar di Singapura.

Pertemuan itu disampaikan Menhan Prabowo saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis siang, sekitar pukul 12.00 WIB.

"Mau laporan ke Presiden, kembali dari Shangri-La. Mau laporkan perkembangan pertemuan-pertemuan saya di luar negeri," katanya.

Shangri-La Dialogue Ke-21 merupakan forum diskusi isu-isu strategis, geopolitik, pertahanan dan keamanan yang mempertemukan pemimpin negara, pejabat pemerintahan, analis dan ahli dari lembaga think-tank, praktisi serta akademisi.

Forum itu digelar rutin tiap tahun di Singapura sejak 2002 oleh Institute for Strategic Studies (IISS). Rangkaian acara Shangri-La Dialogue Ke-21 berlangsung pada 31 Mei 2024 sampai dengan 2 Juni 2024.

Dalam forum tersebut, Presiden RI terpilih 2024-2029 itu menyatakan komitmen Indonesia mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Gaza untuk menjaga dan memantau gencatan senjata antara Palestina dengan Israel.

Baca juga: Prabowo kembali bicara di Shangri-La Dialogue Singapura Sabtu

Baca juga: Pidato Menhan RI di IISS Shangri-La Dialogue 2022 tuai pujian pakar


"Kami (Indonesia) siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak," kata Prabowo saat menghadiri pertemuan IISS Shangri-La Dialogue Ke-21 di Singapura, Sabtu (1/6).

Dalam lawatannya ke Singapura, Prabowo juga sempat bertemu dengan Presiden Ukraina H.E. Volodymyr Zelenskyy membahas pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di sela-sela akhir pertemuan bilateral-nya di Singapura.

Selain itu, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin III di sela-sela kegiatan forum IISS Shangri-La Dialoge 2024 untuk membahas modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Prabowo saat itu menyampaikan apresiasi-nya terhadap dukungan AS dalam kerja sama untuk memodernisasi peralatan pertahanan Indonesia untuk memenuhi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024